• Nusa Tenggara Timur

Ibu Pelaku Buang Bayi di Oeba Berhasil Diamankan Bhabinkamtibmas TDM

Imanuel Lodja | Kamis, 09/11/2023 05:39 WIB
 Ibu Pelaku Buang Bayi di Oeba Berhasil Diamankan Bhabinkamtibmas TDM Ilustrasi ( xtra.com.my)

KATANTT.COM--Kasus penemuan bayi perempuan di Kelurahan Oeba, Kota Kupang sempat menghebohkan warga. Namun pada Selasa (6/11/2023), Bhabinkamtibmas Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), Aipda Yonto Sodakain mengungkap ibu pelaku yang membuang bayi-nya.

"Saya curiga karena ada laporan kalau ada ibu yang melahirkan di wilayah kami tapi bayi-nya tidak ada," ujar Yonto Sodakain saat dikonfirmasi Rabu (8/11/2023).

Ia mengamankan HN (23) yang sehari-hari merupakan karyawan Homestay Sasando Kelurahan TDM di RT 26/RW 07, Kelurahan TDM.

Yonto sempat ke Polsek dan mendapat kabar dari Kanit Reskrim Polsek Oebobo kalau ada informasi soal penemuan bayi yang ditangani Polsek Kelapa Lima namun belum menemukan pelakunya.

Kebetulan Manager Home Stay Sasando menemukan ari-ari/placenta bayi di belakang homestay sehingga melaporkan ke Marthen Tefa, Ketua RT 26 Kelurahan TDM. Ketua RT mengabari Bhabinkamtibmas sehingga mereka ke kost HN dan menemukan HN dalam keadaan lemas.

Dari Fitri, rekan sekamar HN, Bhabinkamtibmas mendapat kabar kalau HN melahirkan pada Minggu (5/11/2023) petang.
Pada Minggu malam, HN dijemput rekan pria nya yang diakui sebagai kerabatnya dan membawa serta bayi yang baru dilahirkan.

Yonto pun melaporkan ke Kanit Reskrim Polsek Oebobo bahwa ada warga kelurahan TDM yang melahirkan namun tanpa bayi. Kanit Reskrim Polsek Oebobo langsung mengontak Kapolsek Kelapa Lima.

Di kost, Yonto menemukan HN lemas sehingga ia meminta bantuan mobil ambulance dan membawa HN ke Rumah Sakit Dedari. Selasa malam, pihak Rumah Sakit Dedari menelepon Aipda Yonto mengabarkan kalau HN harus dirujuk ke Rumah Sakit bhayangkara Titus Uly Kupang.

HN dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang. Saat di rumah sakit, HN pun mengaku kalau ia yang membuang bayi nya pada Senin (6/11/2023) malam.

HN pun menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Bhayangkara. Sementara itu anggota Polsek Kelapa Lima mencari rekan HN yang menjemput HN pasca melahirkan dan mencari pacar HN.

Warga di Jalan Mahoni, Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang dihebohkan dengan penemuan bayi pada Senin (6/11/2023) malam sekitar pukul 00.30 wita.

Bayi berjenis kelamin perempuan ini ditemukan warga di samping Toko Bahagia, Jalan Mahoni, Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang.

Saat ditemukan, bayi perempuan yang masih dalam keadaan hidup terbungkus dalam kain Bali yang disimpan dalam tas belanja McDonald`s.

Bayi pertama kali ditemukan oleh Paulus Pake (51), yang tinggal di dealer DFSK, Jalan Ahmad Yani Nomkr 45, Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang.

Paulus yang sementara berada di dealermendengar suara tangisan bayi di Jalan Mahoni. Ia keluar mengecek dan menemukan bayi dibungkus kain Bali warna merah hitam di dalam tas belanja McDonald`s yang diletakan di pinggir Toko Bahagia.

Paulus bersama Iren Koen (17) dan Beni Koen (20) kembali ke samping Toko Bahagia dan mengambil bayi tersebut.
Iren kemudian menggendong bayi dan ke kos membangunkan Efrin Koen (29).

Keduanya dengan sepeda motor, membawa bayi tersebut dan melaporkan ke Polsek Kelapa Lima. Bayi dibawa ke rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang untuk perawatan medis.

Hasil pemeriksaan awal bahwa kondisi bayi lahir prematur dengan panjang 47 centimeter dan berat badan 2,8 kilogram.

Bayi tersebut masih dalam keadaan hidup dan saat ini masih dalam perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

Erfin Koen membuat laporan polisi di Polsek Kelapa Lima dengan laporan polisi nomor LP/B/231/XI/2023/Polsek Kelapa Lima, tanggal 6 November 2023.

 

FOLLOW US