• Nusa Tenggara Timur

Pelaku Penembakan Warga TTU Terciduk Polisi di Malaka

Imanuel Lodja | Rabu, 25/10/2023 17:55 WIB
Pelaku Penembakan Warga TTU Terciduk Polisi di Malaka Tim Buser Satreskrim Polres Timor Tengah Utara (TTU) mengamankan tiga oramg pelaku penembakan terhadap 3 orang pemuda asal Peboko, Kelurahan Kefamenanu Utara, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU

KATANTT.COM--Tim Buser Satreskrim Polres Timor Tengah Utara (TTU) mengamankan tiga oramg pelaku penembakan terhadap 3 orang pemuda asal Peboko, Kelurahan Kefamenanu Utara, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU. Ketiga pelaku diamankan di tempat dan waktu berbeda.

LL, warga Kelurahan Kefamenanu Selatan, Kabupaten TTU, NTT yang merupakan salah satu pelaku penembakan diamankan di salah satu kebun warga di Desa Woeain, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka pada Selasa (18/10/2023) lalu.

Selain mengamankan pelaku, turut diamankan 1 pucuk senapan angin jenis moser. Polisi kemudian menginterogasi LL. Dari hasil pengembangan, polisi kemudian ke Kabupaten tetangga di Kabupaten Malaka. Jumat (20/10/2023), Tim Buser Polres TTU mengamankan dua pelaku lainnya.

Kedua terduga pelaku yang ditangkap yakni HL warga Fatuteke Kelurahan Kefamenanu Selatan dan YN warga Desa Nifulina kecamatan Fatukopa kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Mereka ditangkap di Manumutin, Desa Wederok, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka. Para terduga pelaku langsung diserahkan ke Satreskrim Polres TTU untuk proses hukum lebih lanjut.

Kasat Reskrim Polres TTU, Iptu Joni Boro, SH yang dikonfirmasi Rabu (25/10/2023) membenarkan penangkapan ini. "Iya, ada tiga orang (pelaku) yang kita amankan," ujarnya.

Penangkapan ini dilakukan setelah Buser Polres TTU berkoordinasi dengan Buser Polres Malaka. Ketiga pelaku sudah diamankan polisi di Rutan Polres TTU untuk 20 hari kedepan sambil menunggu proses hukum lebih lanjut.

Tiga orang pemuda Peboko kelurahan Kefamenanu Utara menjadi korban penembakan usai pulang menonton pameran pembangunan HUT kota Kefamenanu ke 101, Jumat 22 September 2023.

Tiga pemuda yang menjadi korban penembakan yakni RS, DS dan YL. Mereka sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu, Kabupaten TTU.

Dari tiga korban, petugas medis hanya bisa mengeluarkan proyektil dari tubuh RS. Sedangkan korban DS dan YL tidak bisa sehingga harus dirujuk ke rumah sakit yang ada di Kota Kupang.

Dua korban yang dirujuk yakni DS dan YL yang tertembak di bagian punggung. Sedangkan, RS yang merupakan kakak kandung dari DS berhasil dioperasi oleh tim dokter. Peluru yang bersarang di lehernya telah dikeluarkan.
"Proyektil dari tubuh RS, sudah diamankan anggota Polres TTU," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah NTT Komisaris Besar Polisi Ariasandy, Senin (25/9/2023).

Kasus penembakan ini diselidiki aparat Polres TTU. Petrus Seran, orangtua dari korban DS dan RS mengatakan, seluruh biaya pengobatan dua anaknya ditanggung oleh keluarga. “Ambulans dari sini ke Kupang juga kita tanggung sendiri,” ujarnya.

Pihaknya berharap pemerintah daerah setempat membantu untuk meringankan beban keluarga. “Anak saya ini tidak tahu apa-apa,, mereka pergi nonton pameran, tapi ditembak,” ujarnya.

Tiga orang pemuda asal Peboko, Kelurahan Kefamenanu Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), terkena tembakan dari orang tak dikenal, Jumat (22/9/2023).

Tiga pemuda itu yakni kakak beradik Roman Seran dan Dody Seran serta Yohan Lake. Roman terkena tembakan di leher bagian kiri, Dody di bagian punggung sebelah kanan dan Yohan di punggung sebelah kanan.

Ketiganya langsung dilarikan ke rumah sakit, karena luka dan proyektil yang masih bersarang dalam tubuh mereka. "Kejadiannya tadi sekitar jam 10 malam, saat kami pulang dari pameran di Lapangan Oemanu," kata Roman Jumat malam.
Roman pun tak mengetahui persis pelaku yang menembak ketiganya.

FOLLOW US