• Nusa Tenggara Timur

Rakor Polda NTT-PNTL Guna Optimalkan Kerjasama Bilateral di Perbatasan

Imanuel Lodja | Rabu, 25/10/2023 06:55 WIB
Rakor Polda NTT-PNTL Guna Optimalkan Kerjasama Bilateral di Perbatasan Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma saat menghadiri Rakor bersama Policia Nacional De Timor-Leste (PNTL) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Atambua, Kabupaten Belu, Selasa (24/10/2023).

KATANTT.COM--Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Policia Nacional De Timor-Leste (PNTL) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Atambua, Kabupaten Belu, Selasa (24/10/2023).

Rakor digelar untuk optimalisasi kerjasama bilateral dalam rangka pencegahan dan penanggulangan transnational crime di wilayah perbatasan Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor-Leste (RI-RDTL).

Kegiatan yang dihelat di Ballroom Hotel Matahari, Atambua, Kabupaten Belu ini dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma dan dihadiri sejumlah tokoh dan perwakilan penting.

Dengan tema Optimalisasi Polda NTT Dalam Memperkuat Kerja Sama Bilateral Yang Presisi Guna Mencegah dan Menanggulangi Transnational Crime Di Wilayah Perbatasan NKRI-RDTL, rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari rencana kerja Polda NTT.

Kegiatan ini melakukan analisis dan evaluasi pelaksanaan kegiatan rutin Kepolisian yang terkait dengan pengamanan wilayah perbatasan.

Dari Timor-Leste, hadir beberapa perwakilan seperti Koordinator Kepala Yurisdiksi Kementerian Kehakiman RDTL, Nelinho Vital, Beacukai Timor-Leste Direitor Autoridade Aduaneira M. Bobonaro, SR. Eusebio Da C. Santos, dan Imigrasi Pusat Timor-Leste Alfredo Abel, serta sejumlah pejabat lainnya yang turut aktif dalam membahas upaya untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan kedua negara.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini adalah langkah konkret dalam mengoptimalisasi peran Polda NTT dalam menghadapi tantangan keamanan di wilayah perbatasan. Penyusunan konsep penanggulangan kejahatan transnasional menjadi fokus utama dari kegiatan ini.

Selain itu, rapat ini sebagai sarana untuk membangun dan memperkuat silaturahmi dengan instansi dan lembaga terkait.

Dengan adanya kerja sama yang erat dan komunikasi yang baik, diharapkan upaya bersama Polda NTT dan PNTL dalam memelihara keamanan wilayah perbatasan RI-RDTL akan semakin sukses dan memberikan manfaat positif bagi kedua negara dan masyarakat di wilayah perbatasan tersebut.

Keamanan di wilayah perbatasan sangat penting, dan kerja sama bilateral seperti ini menjadi landasan yang kuat dalam menjaga ketertiban masyarakat dan memitigasi potensi transnational crime di wilayah perbatasan yang sensitif.

FOLLOW US