• Nusa Tenggara Timur

Penjabat Wali Kota Kupang Pimpin Penanganan Kebakaran di TPA Alak

Semy Andy Pah | Selasa, 17/10/2023 07:19 WIB
Penjabat Wali Kota Kupang Pimpin Penanganan Kebakaran di TPA Alak Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay mendapat penjelasan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, Orson Nawa saat memantau kebakaran yang melanda lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Alak, Minggu (15/10/2023).

KATANTT.COM--Musibah kebakaran yang melanda lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Alak, Minggu (15/10/2023) menarik perhatian Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay.

Orang nomor satu di Kota Kupang ini turun langsung membantu penanganan kebakaran di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Alak yang terletak di Kelurahan Alak Kecamatan Alak.

Musibah kebakaran yang diduga timbul akibat panas ekstrem berkepanjangan ini membakar tumpukan sampah di TPA Alak sehingga mengakibatkan kabut asap yang menyebar hingga pemukiman warga sekitar.

Saat tiba di lokasi, Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay langsung memberi instruksi kepada dinas teknis terkait untuk segera mengambil tindakan cepat mengatasi persoalan tersebut.

Di antaranya dengan menggunakan alat berat untuk memisahkan sampah-sampah yang sudah terbakar dengan yang belum terbakar. Selain itu, Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay minta agar disediakan 8 unit mobil tangki air yang selalu siap siaga di lokasi kebakaran, untuk mencegah api meluas.  

Mengenai kabut asap yang menyebar hingga pemukiman warga, Fahrensy Funay minta kepada camat dan lurah setempat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk membagikan masker kepada warga yang terdampak, guna mencegah timbulnya penyakit akibat kabut asap seperti infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Pada kesempatan yang sama Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay juga minta kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kupang untuk ke depan melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk pihak swasta untuk pengelolaan sampah yang lebih baik di TPA Alak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, Orson G, Nawa, menjelaskan sejak titik api muncul pada Jumat (13/10/23) sore, upaya penanganan terus mereka lakukan untuk memutus jalur api, bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran.

Orson menyambut baik arahan Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay guna melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang memiliki kepedulian untuk mengelola sampah di TPA Alak.

Ia membuka ruang seluas-luasnya kesempatan bagi semua pihak termasuk swasta untuk membantu Pemkot Kupang mengelola sampah serta mengurani tumpukan sampah di TPA Alak. Saat ini produksi sampah yang masuk di TPA Alak diperkirakan mencapai 80 ton per hari.

FOLLOW US