• Nusa Tenggara Timur

Kapolda NTT: Wakapolda Jadi Motor Pembinaan Satuan

Imanuel Lodja | Senin, 16/10/2023 12:37 WIB
Kapolda NTT: Wakapolda Jadi Motor Pembinaan Satuan Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma saat melantik Brigjen Pol Awi Setiyono menjadi Wakapolda NTT di lapangan Ricky Sitohang Polda NTT pada Senin (16/10/2023).

KATANTT.COM--Kekosongan jabatan Wakapolda NTT selama 1,5 bulan akhirnya terisi dengan dilantiknya Brigjen Pol Awi Setiyono, SIK, MHum, menjadi Wakapolda NTT pada Senin (16/10/2023).

Pelantikan dilakukan Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, di lapangan Ricky Sitohang Polda NTT. Jenderal polisi bintang dua ini menyebutkan bahwa mutasi personil Polri merupakan hal biasa untuk penyegaran maupun untuk pengembangan karier personil.

Jabatan Wakapolda NTT lowong hampir dua bulan setelah Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto purna bhakti sejak 1 September 2023 lalu. "Kekosongan Wakapolda NTT selama 1 bulan lebih," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma.

Orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini menyebutkan dengan kehadiran Wakapolda NTT maka memperkuat kinerja Polda NTT.

Pengalaman panjang Wakapolda NTT, Brigjen Pol Awi Setiyono dalam dharma bakti di organisasi kepolisian menjadi modal utama karena Wakapolda NTT merupakan perwira tinggi ahli kehumasan, tetapi juga berpengalamab di fungsi lain.

"Ada banyak pengalaman sehingga bisa meningkatkan kinerja Polda NTT terutama dalam menghadapi Pemilu 2024," tandas Kapolda NTT.

Mantan Kadiv Hubinter Polri ini mengajak seluruh perwira dan anggota agar melaksanakan tugas dengan baik. "Mari sama-sama menunjukkan loyalitas kepada pimpinan, kesatuan dan masyarakat dalam melaksanakan tugas sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat," harapnya.

Sebagai orang baru di Polda NTT yang penuh keragaman, Kapolda menyebutkan bahwa Wakapolda akan menjadi motor dalam pembinaan satuan Polda NTT. Pelantikan ditandai dengan penyematan tanda pangkat jabatan dan pengucapan sumpah didampingi rohaniawan.

Penunjukan Brigjen Pol Awi Setiyono yang juga mantan Karo Penmas Div Humas Polri ini tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/2164/IX/Kep/2023 tanggal 26 September 2023.

Brigje Pol Awi Setiyono, SIK, MHum, lahir 16 Februari 1971 adalah seorang perwira lulusan Akpol 1992 ini berpengalaman dalam bidang humas. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Wakil Gubernur Akademi Kepolisian Lemdiklat Polri.

Ia pernah menjabat sebagai Wakapolres Tanah Toraja Polda Sulsel, Kakorsis SPN Batua Polda Sulsel. Kapolres Simeulue Polda Aceh, Kapolres Aceh Selatan Polda Aceh, Kapolres Magetan Polda Jatim.

Selanjutnya Wadirlantas Polda Jatim. Kabid Humas Polda Jatim dan Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divhumas Polri.

Pada tahun 2016 menjadi Kabid Humas Polda Metro Jaya dan dimutasi sebagai Kabagmitra Ropenmas Divhumas Polri dan Kabagdalmutu Rorenmin Itwasum Polri pada tahun 2018.

Menjadi Irwasda Polda Jatim pada tahun 2019 serta Karopenmas Divhumas Polri tahun 2020 dan terakhjr sebagai Wagub Akpol.

 

FOLLOW US