• Nusa Tenggara Timur

Pemkot Kupang Konsisten Wujudkan Nilai-nilai Pancasila dalam Pembangunan

Imanuel Lodja | Rabu, 11/10/2023 06:14 WIB
 Pemkot Kupang Konsisten Wujudkan Nilai-nilai Pancasila dalam Pembangunan Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay bersama Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat pada Seminar Akademik Universitas Terbuka (UT) Kupang, di Hotel Harper, Senin (9/10/2023).

KATANTT.COM--Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang secara konsisten menjaga dan mewjudkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap program kerja dan rencana pembangunan.

"Itu sebabnya Kota Kupang masuk dalam 5 besar kota yang menyandang predikat sebagai kota dengan indeks toleransi tertinggi di Indonesia," kata Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, SE, MSi, pada Seminar Akademik Universitas Terbuka (UT) Kupang, di Hotel Harper, Senin (9/10/23).

Orang nomor satu di Kota Kupang ini menjelaskan bahwa saat ini Kota Kupang sudah memiliki 4 kampung kerukunan antara lain Kampung Kerukunan Kelurahan Fatubesi, Kampung Kerukunan Kelurahan Kolhua, Kampung Kerukunan Kelurahan Bakunase 2 dan Kampung Kerukunan Kelurahan Fatululi.

Dalam waktu dekat lanjut Fahrensy Funay akan dilaunching 2 kampung kerukunan lainnya, yakni Kampung Kerukunan Kelurahan Namosain dan Kampung Kerukunan Kelurahan Oesapa. "”Kota Kupang merupakan salah satu kota toleransi di Indonesia dan kita harus bangga dan jaga itu," pintanya.

Seminar Akademik UT Kupang yang mengambil tema Implementasi Nilai-Nilai Pancasila, dan Semangat Kebangsaan Dalam Tatanan dan Budaya Kerja Menuju Indonesia Maju, Fahrensy Funay menegaskan bahwa bahwa Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara serta pandangan hidup bangsa yang telah diperjuangkan oleh para tokoh bangsa pendahulu.

Menurut Fahrensy Funay, eksistensi Indonesia baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia," jelasnya.

"Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan,” tambahnya.

Kepada para lulusan UT yang akan diwisuda pada 11 Oktober 2023, Fahrensy Funay menitipkan pesan untuk tekun dalam setiap usaha yang dilakukan selanjutnya dan selalu ingat keberhasilan terjadi karena penyertaan Tuhan.

Harapannya para lulusan harus memiliki karakter dan hati yang bijaksana serta mampu memberikan edukasi yang baik di dalam masyarakat.

Ia menambahkan bahwa UT merupakan salah satu universitas terbaik dan didukung dengan teknologi yang luar biasa. Karena itu menurutnya para lulusan boleh berbangga dengan keberhasilan yang diraih dan terus berkarya bagi masyarakat.

"Para lulusan yang akan diwisuda nanti harus berani belajar, bekerja sama dan saling berkolaborasi satu sama lain dalam masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu terkait toleransi dan kerukunan, Fahrensy Funay menambahkan Pemerintah Kota Kupang secara konsisten merealisasikan Pancasila dalam setiap program kerja dan rencana pembangunan.

Turut hadir, Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero, SPd, Kepala Bagian Prokompim Setda Kota Kupang, Ernest S. Ludji, SSTP, MSi, serta dihadiri 633 lulusan strata 1 dan strata 2 yang berasal dari seluruh Provinsi NTT.

FOLLOW US