• Nusa Tenggara Timur

Komunitas Kopi Kota Kupang Gelar Kupang Menyeduh

Imanuel Lodja | Jum'at, 29/09/2023 09:04 WIB
 Komunitas Kopi Kota Kupang Gelar Kupang Menyeduh Bakumpul Ngopi

KATANTT.COM--Penikmat kopi di Kota Kupang bakal disuguhi sejumlah sajian aneka kopi dan berbagai kegiatan lainnya dalam rangka memperingati hari kopi sedunia. Adalah komunitas kopi Kota Kupang yang menggelar Kupang Menyeduh.

Gelaran kegiatan Bakumpul Ngopi ini dihelat Hermando Lanning yang juga pemilik Kedai Kopi Bianconero Kopi di PLUT Dinas Koperasi NTT Jalan Palapa.

Penasihat kegiatan ini, AKBP Agustinus Christmas, SIK, menyebutkan kalau kegiatan ini berisi aneka kegiatan seperti bazar UMKM kopi se Kota Kupang, coffe talkshow, coaching recipe, fun brewing dan live music.

Gelaran kegiatan ini dipusatkan di halaman Ruko Friendship Jalan Soeharto samping SPBU Silvia Kelurahan Naikoten I, Kota Kupang pada Sabtu (30/9/2023) hingga Minggu (1/10/2023) mulai pukul 15.00-22.00 wita.

"Acara ini bukan sekedar bazar UMKM kopi yang hanya berjualan kopi saja seperti biasa diselenggarakan, namun acara ini juga sebagai ajang temu tenant-tenant kopi/kedai/cafe kopi serta mengedukasi para pengunjung dan para tenant untuk meningkatkan kecintaan kepada kopi asli NTT," kata AKBP Agustinus Christmas yang juga Wadir Intelkam Polda NTT.

Sesi cupping sesion uji citarasa kopi, Fun Brewing semua bisa diikuti oleh tenant dan pengunjung. Juga ada materi-materi tentang wirausaha kopi yang disampaikan secara bergantian oleh para tenant kopi yang ikut kegiatan ini.

Peserta merupakan tenant kopi yang ada di Kota Kupang. Ada 12 tenant kopi yang ikut ambil bagian. Pengunjung nya adalah masyarakat umum dari berbagai kalangan dan komunitas.

Disarankan juga bagi masyarakat yang ingin mengenal dan belajar mencintai kopi NTT dapat hadir. "Peserta dan pengunjung dapat saling bersilaturahmi, menjalin keakraban dan lebih banyak teredukasi tentang kopi asli NTT," tandas mantan Kapolres Alor ini.

Acara ini rencana akan berkelanjutan diselenggarakan setiap bulan. Pihaknya akan membuat peta kopi dari usaha hulu ke hilir yang diawali dari kota Kupang sebagai pusat usaha hilir kopi karena kota Kupang merupakan salah satu etalase kunjungan masuk ke NTT selain Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat sehingga di Kota Kupang juga banyak tenant kopi yang menyajikan kopi asli NTT.

Para tenant kopi semakin guyub sehingga kopi NTT dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Polri dalam hal ini Polda NTT juga merasa terlibat dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat pasca covid melalui pembinaan UMKM sehingga rumah tangga dapat lebih sejahtera.

FOLLOW US