• Nusa Tenggara Timur

Libatkan Tokoh Agama, Penutupan Operasi Zebra di Rote Ndao Ditandai Doa Bersama oleh Pendeta

Imanuel Lodja | Senin, 18/09/2023 06:36 WIB
 Libatkan Tokoh Agama, Penutupan Operasi Zebra di Rote Ndao Ditandai Doa Bersama oleh Pendeta Pendeta Siake A Polly Adoe. STh, sementara berdoa pada penutupan Operasi Zebra 2023 yang digelar Polres Rote Ndao, Sabtu (16/9/2023).

KATANTT.COM--Ada yang berbeda dari pelaksanaan operasi lalu lintas Zebra Turangga 2023 di Kabupaten Rote Ndao. Operasi Zebra Turangga 2023 digelar selama 14 hari dimulai sejak tanggal 4 hingga 17 September 2023.

Polisi Lalu Lintas Polres Rote Ndao menggandeng berbagai unsur saat mengakhiri pelaksanaan operasi lalu lintas ini, Sabtu (16/9/2023) malam. Operasi dilaksanakan di Jalan Pantai Baru-Rote Timur dan Pantai Baru - Ba`a (Bundaran Olafuliha`a, Kelurahan Olafuliha`a, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao.

Saat pelaksanaan operasi dengan tema "Kamseltibcar Lantas yang kondusif menuju Pemilu damai 2024" ini dipimpin langsung Kapolres Rote Ndao, AKBP Mardiono, SSt, MKP. Sejumlah pihak juga ikut serta seperti Dinas Pendapatan daerah Kabupaten Rote Ndao, Jasa Raharja Rote Ndao, Kapolsek Pantai Baru, Personil Koramil 1627-02 Pantai Baru, Lurah Pantai Baru Jakson A. Tulle, A.Md dan tokoh agama, Pendeta Siake A Polly Adoe. S.Th.

Polisi menertibkan pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara, anak yang masih dibawah umur. Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang. Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI dan pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan safety belt.

Pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengkonsumai alkohol. Pengandara kendaraan bermotor yang melawan arus serta pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.

Dalam operasi Zebra Turangga 2023 sejumlah pelanggar kendaraan roda dua dan roda empat terjaring dan di razia. Ada beberapa pengendara yg tidak dilengkapi SIM, STNK dan pengendara maupun penumpang sepeda motor tidak memakai helm.

Para pelanggar lalu lintas yang dirazia ini diberikan arahan dan himbauan serta edukasi dari Kapolres Rote Ndao dan petugas dari Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Rote Ndao. Juga diberikan bimbingan rohani oleh pendeta.

Para pengendara diminta agar dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban lalu lintas (Kamseltibcar Lantas). Masyarakat pun diminta membangun budaya tertib berlalulintas di Kabupaten Rote Ndao.

Pendeta Siake A. Polly Adoe, STh, dari Gereja GMIT Silo Olafulihaa memberikan bimbingan rohani dan berdoa bersama dengan para pelanggar yang terjaring operasi ini.

"Para pelanggar diberikan edukasi, himbauan dan pencerahan melalui pendekatan religi dengan melibatkan pendeta sehingga pelanggar didoakan agar sadar akan tertib dan keselamatan lalu lintas," ujar Kasat Lantas Polres Rote Ndao, Iptu Rally B. Lerrick usai operasi Zebra ini.

FOLLOW US