• Nusa Tenggara Timur

Dubes New Zealand-Pemkot Kupang Bahas Kerjasama Pendidikan dan Pariwisata

Semy Andy Pah | Kamis, 07/09/2023 18:14 WIB
Dubes New Zealand-Pemkot Kupang Bahas Kerjasama Pendidikan dan Pariwisata Dubes New Zealand untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnett saat bertemu Plh Sekda Kota Kupang, Ade Manafe membahas sejumlah kerjasama di ruang kerja, Plh Sekda Kota Kupang, Kamis (31/8/2023) lalu.

KATANTT.COM--Duta Besar (Dubes) New Zealand untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnett, ONZM, melakukan pembahasan kerjasama dengan Pemerintah Kota Kupang yang diwakili pelaksana harian (Plh.) Sekda Kota Kupang, ADE Manafe, SIP, MSi.

Pembahasan kerjasama ini tercapai saat Duta Besar (Dubes) New Zealand untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnett melakukan kunjungan kerja ke Kota Kupang, ibukota Provinsi NTT pada Kamis (31/8/2023). Kerjasama dimaksud terkait pendidikan, pariwisata, pertanian, ketersediaan air bersih hingga pelatihan kerja untuk menekan angka pengangguran.

Plh Sekda Kota Kupang, Ade Manafe pada kesempatan tersebut menyampaikan sejumlah tantangan yang dihadapi pemerintah diantaranya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya, banyak warga Kota Kupang dan ASN yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi namun mengalami keterbatasan anggaran dan kurangnya atau keterlambatan informasi mengenai program beasiswa ke luar negeri sehingga menjadi salah satu masalah tersendiri.

Karena itu, Ade Manafe berharap berharap program kerja sama melalui beasiswa oleh Pemerintah New Zealand tidak hanya untuk jenjang pendidikan S2 atau jenjang yang lebih tinggi. Namun ke depan beasiswa studi juga bisa diberikan untuk pendidikan S1.

Ia mengapresiasi program pendidikan dan pelatihan oleh Pemerintah New Zealand di mana sejumlah ASN Pemerintah Kota Kupang juga pernah memperoleh kesempatan menimba ilmu di sana.

Selain itu, Ade Manafe menyebutkan soal masalah air bersih dan pengelolaan sampah di mana warga Kota Kupang mengalami kekurangan air bersih saat musim kemarau.

Ia berharap ada masukan New Zealand untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnett bisa membantu alih teknologi mengolah air laut menjadi air bersih yang dapat digunakan sehari-hari.

Dubes New Zealand untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnett yang didampingi Programme Coordinator New Zealand Embassy, Lucia Fransisca mengatakan pihaknya memiliki program edukasi seperti beasiswa untuk jenjang pendidikan S2 dan S3. Selain itu, ada kursus-kursus singkat (short courses), ELTO (Pelatihan Bahasa Inggris bagi ASN) serta pelatihan kejuruan lainnya.

Menanggapi tantangan yang dihadapi Pemerintah Kota Kupang terkait pengembangan SDM, Kevin Jeffery Burnett berjanji akan menjalin kerja sama dibidang pendidikan antara Pemerintah New Zealand dan Pemerintah Kota Kupang.

Selain itu, Kevin Jeffery Burnett akan memastikan kandidat penerima beasiswa dari kawasan Indonesia Timur, salah satunya Kota Kupang. Ia berjanji bahwa informasi terkait beasiswa maupun segala hal tentang pendidikan akan sesegera mungkin disampaikan sebelum batas waktu pendaftaran.

Terkait masalah air bersih Kevin Jeffery Burnett menjelaskan bahwa Pemerintah New Zealand pernah ada pengelolaan desalinasi atau proses buatan di mana air laut diubah menjadi air tawar. Ia akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Pemerintah New Zealand untuk mendapatkan informasi terkait teknologi yang digunakan.

Kevin Jeffery Burnett akan mengirimkan development consellor dan tim untuk membahas lebih detail fokus area yang sudah disampaikan untuk melihat adanya peluang kerja sama antara Pemerintah Kota Kupang dan Pemerintah New Zealand sehingga diharapkan hubungan bilateral dapat terus berjalan.

FOLLOW US