• Nusa Tenggara Timur

Jelang Konferta, Pengurus AJI Kupang Silaturahmi ke Mantan Ketua dan Besuk Anggota yang Sakit

Imanuel Lodja | Sabtu, 12/08/2023 21:01 WIB
Jelang Konferta, Pengurus AJI Kupang Silaturahmi ke Mantan Ketua dan Besuk Anggota yang Sakit Pengurus AJI Kupang saat silahturahmi ke mantan Ketua AJI Kupang, Jemris Fontuna di Kelurahan Sikumana Kecamatan Maulafa, Sabtu (12/8/2023).

KATANTT.COM--Jelang pelaksanaan Konferensi Kota (Konferta) yang dijadwalkan tanggal 26 Agustus 2023 mendatang, Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kupang bersilaturahmi ke para mantan Ketua AJI Kupang. Pengurus AJI Kupang juga mendatangi anggota/pengurus AJI Kupang yang sakit.

Para mantan Ketua AJI Kupang yang didatangi yakni Alex Dimoe, Jemris Fointuna, Simon Petrus Nilli dan Marthen Bana. Namun dari 4 mantan ketua AJI Kupang ini, baru dua yang didatangi yakni Alex Dimoe dan Jemris Fointuna. Sementara Simon Petrus Nilli sedang melakukan tugas luar dan Marthen Bana masih memiliki agenda lain.

Silaturahmi ini dipimpin Plt Ketua AJI Kupang, Imanuel Lodja bersama pengurus AJI Indonesia, Anna Djukana dan pengurus AJI Kupang lainnya seperti, Retno Irawati, Linda Makandoloe, Tony Johanis, Labu Nggiku Mbuhang, Palce Amalo, Djemi Amnifu dan Obet Gerimu.

Pengurus dan anggota AJI Kupang juga mengunjungi anggotanya yang sakit dengan mendatangi Alex Dimoe dan Kristo Embu. Silaturahmi diawali ke kediaman Alex Dimoe di Perumahan BTN Kolhua. Alex yang juga mantan ketua AJI Kupang sementara mengalami sakit dalam beberapa tahun ini, sehingga tidak bisa beraktivitas di luar rumah, namun masih aktif menulis dari rumah.

Kemudian Pengurus AJI Kupang menjenguk Kristo Embu di Rumah Sakit Umum Siloam Kupang yang juga sementara sakit guna memberikan dukungan moril untuk kesembuhan dan pemulihan. Selanjutnya kunjungan dilakukan di kediaman Jemris Fointuna di Kelurahan Sikumana, Kota Kupang.

Dalam setiap kunjungan ini, Plt Ketua sekaligus Sekretaris AJI Kupang, Imanuel Lodja menyampaikan berbagai program kerja AJI dan kondisi keanggotaan AJI Kupang. Termasuk menyampaikan rencana pelaksanaan Konferta AJI Kupang yang diagendakan pada Sabtu 26 Agustus 2023 mendatang di Hotel Kristal Kupang.

Dalam kesempatan silaturahmi ini, Pengurus AJI Kupang juga meminta kesediaan para mantan Ketua AJI Kupang untuk hadir dalam Konferta serta memberikan masukan, evaluasi dan pandangan bagi pengurus dan anggota. Pengurus pun berkesempatan berdoa bersama untuk saling menguatkan.

Kunjungan ini sendiri merupakan bentuk silaturahmi dengan harapan komunikasi dan kerjasama antar pengurus dan mantan pengurus tetap terjalin. Silahturahmi ini sekaligus bentuk dukungan moril pengurus bagi anggota AJI yang sakit sehingga tetap semangat dan berjuang melawan sakit sehingga bisa kembali beraktivitas menjalankan tugas jurnalistik.

Alex Dimoe mendukung penuh pelaksanaan Konferta dan berharap agar perlu ada perhatian bagi anggota AJI. Sementara Jemris Fointuna juga berharap agar ke depan AJI Kupang menjalin kerjasama dengan LSM lokal. Jemris pun mengingatkan perlunya independensi dan menjaga marwah diri dan organisasi AJI.

"Banyak program kolaborasi dengan LSM lokal terutama untuk penguatan media sehingga jejaring dengan LSM perlu dibangun. Misi wartawan dan LSM sama yakni menyuarakan keadilan masyarakat," ujar mantan Komisioner Bawaslu NTT ini.

FOLLOW US