• Nusa Tenggara Timur

Berkat Perjuangan Kapolda NTT, Pertama Kali Polda NTT Kirim 8 Calon Taruna Akpol

Imanuel Lodja | Rabu, 05/07/2023 10:47 WIB
Berkat Perjuangan Kapolda NTT, Pertama Kali Polda NTT Kirim 8 Calon Taruna Akpol Wakapolda NTT, Brigjen Pol Heri Sulistianto didampingi Irwasda Polda NTT, Kombes Pol Zulkifli dan Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol. Satria Yusada bersama 8 Catar Akpol yang akan dikirim ke pusat usai sidang terbuka penetapan kelulusan akhir seleksi penerimaan taruna/i di aula Sat Brimob Polda NTT, Senin (3/7/2023).

KATANTT.COM--Proses seleksi penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Catar Akpol) di panitia daerah (Panda) Polda NTT telah berakhir. Akhir dari proses ini ditandai dengan sidang kelulusan tingkat Panda Polda NTT di aula Mako Brimob Polda NTT, Senin (3/7/2023).

Polda NTT pun mendapat quota 8 Catar Akpol untuk dikirim ke pusat terdiri dari 7 orang pria dan 1 orang wanita. Butuh keberanian dan perjuangan untuk mendapatkan quota sebanyak ini. Jumlah pengiriman 8 Catar Akpol tahun 2023 ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Polda NTT hanya mengirim 4-5 Catar Akpol untuk bersaing di tingkat pusat. Meningkatnya jumlah Catar Akpol yang dikirim tahun ini merupakan buah perjuangan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum.

Awalnya, Polda NTT hanya mendapatkan 6 quota untuk dikirim ke pusat, namun Kapolda memperjuangkan sehingga ada tambahan 2 quota lagi. "Itu (penambahan quota) saya yang perjuangkan sehingga kita dapat tambahan kuota 2 orang. Tadinya hanya beberapa orang," tandas jenderal polisi bintang dua ini, Rabu (5/7/2023).

Perjuangan ini dilakukan Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma saat ke Mabes Polri agar ada tambahan kuota pengiriman dari Polda NTT. "Saya perjuangkan ke Mabes," ujar mantan Kadiv hubinter Polri ini.

Sebagian besar Catar Akpol ini pun merupakan putra daerah NTT. Karena itu, orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini berharap agar para Catar Akpol pengiriman Polda NTT ini tetap belajar dan berlatih saat seleksi tingkat pusat.
"Tunjukkan bahwa kita mampu dan bisa. Tetap berlatih dan belajar serta jaga kesehatan agar bisa bersaing di tingkat pusat," tambahnya.

Mantan Wakapolda Sulawesi Utara ini yakin kalau para Catar Akpol pengiriman Polda NTT mampu bersaing dengan calon dari Polda lain. Ia pun berharap agar para Catar dari NTT bisa menjadi peserta yang lulus terpilih mengikuti pendidikan di Akpol.

Ke-8 Catar Akpol pengiriman Polda NTT ini sudah diberangkatkan ke Semarang mengikuti seleksi tingkat pusat mulai 7 Juli hingga 1 Agustus 2023. Sebelum diberangkatkan, 8 Catar Akpol ini menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Bid Dokkes Polda NTT.

Tahapan seleksi sejak 18 April 2023 yakni pemeriksaan administrasi oleh Polres jajaran, sedangkan pemeriksaan kesehatan I, ujian psikologi tahap I, ujian akademik dilaksanakan secara online dengan metode Computer Asisted Test (CAT).

Pemeriksaan kesehatan II, uji kesamptaan jasmani (UKJ), uji psikologi tahap II dan uji Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) dilaksanakan di Polda NTT. Proses seleksi dilakukan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BeTAH) serta clear and clean dan bebas dari KKN.

Animo pendaftar taruna/i Akpol TA 2023 Panda Polda NTT sebanyak 101 orang yakni 90 orang pria dan 11 orang wanita. Hingga saat pengumuman akhir, tersisa 14 orang terdiri dari 12 orang pria dan 2 wanita.

FOLLOW US