• Nusa Tenggara Timur

Kota Kupang Alami Inflasi 4,16 Persen dan Provinsi 4,20 Persen

Semy Andy Pah | Sabtu, 17/06/2023 08:09 WIB
Kota Kupang Alami Inflasi 4,16 Persen dan Provinsi 4,20 Persen Muhammad Khairil

KATANTT.COM--Inflasi Mei tahun 2023 di Kota Kupang secara bulanan atau M to M sebesar 0,79 persen sehingga akumulasi tahun kota Kupang mengalami inflasi 4,16 persen.

"Kalau secara Nasional itu 4,16 persen dan provinsi 4,20 persen, Kota kupang 4,16 persen dibanding dengan inflasi bulan April mengalami penurunan 5,14 persen," kata Kabag Ekonomi Pembangunan Setda Kota Kupang, Muhammad Khairil, SSTP, MSi, Rabu (14/6/2023)

Menurut Khairil, inflasi Kota Kupang disebabkan karena ada beberapa penurunan harga, terutama yang andil terbesar itu penurunan di tiket pesawat. "Termasuk penurunan harga cabai yang menjelang hari raya Idul Fitri sempat loncat tinggi tapi sekarang sudah mencapai angka yang normal," ujarnya.

Ia menambahkan sampai dengan kondisi minggu kedua di bulan Juni ini sementara masih dalam terpantau, kalau  cabai masih tetap stabil yang mengalami kenaikan itu telur dan daging ayam beras. "Itu bukan hanya di Kota Kupang imi namun secara nasional itu terpantau mengalami kenaikan," katanya.

Ia berharap masyarakat tidak perlu sampai panik dengan kenaikan harga ini karena pemerintah terus berusaha untuk membantu masyarakat dengan kegiatan-kegiatan program pasar murah.

"Saat ini pasar murah sudah berlangsung dari tanggal 12 Juni 2023 sampai tanggal 17 Juni 2023. Program pasar murah tidak berhenti sampai di sini tapi terus bergulir. Dengan begini bisa membantu perekonomian bagi masyarakt di Kota kupang," jelasnya.

FOLLOW US