• Nusa Tenggara Timur

TNI-Polri di Kupang Tanam Mangrove di Pantai Tablolong

Imanuel Lodja | Rabu, 17/05/2023 08:35 WIB
TNI-Polri di Kupang Tanam Mangrove di Pantai Tablolong Wakapolda NTT Brigjen Pol Heri Sulistianto bersama Danlantamal VII/Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna memimpin penanaman mangrove di lokasi tanam mangrove Lantamal VII/Kupang di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Selasa (16/5/2023).

KATANTT.COM--Aparat TNI dan Polri di Kupang, Nusa Tenggara Timur melakukan penanaman mangrove di lokasi tanam mangrove Lantamal VII desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto ikut serta menanam anakan mangrove. Kegiatan ini dipimpin Danlantamal VII Laksma TNI I Putu Darjatna, MTr, Opsla.

Penanaman mangrove ini dilakukan pada lahan seluas dua hektar dengan menyediakan bibit 5.000 pohon. Penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia dilaksanakan di 370 lokasi penanaman di 37 provinsi dengan jumlah 1.100.169 bibit mangrove yang ditanam.

Jumlah tersebut meliputi Angkatan Darat di 231 lokasi penanaman dengan 572.669 bibit, Angkatan Laut di 79 lokasi penanaman dengan 443.700 bibit, dan Angkatan Udara di 60 lokasi penanaman dengan 83.800 bibit.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Heri Sulistianto mengatakan bahwa penanaman bibit mangrove ini merupakan kegiatan bersama antara TNI-Polri, serta instansi terkait lainnya dan masyarakat saat ini, bertujuan untuk melestarikan hutan mangrove.

"Merupakan sinergitas TNI dan Polri serta Instansi terkait dan masyarakat yang memiliki fungsi sangat besar bagi lingkungan hidup, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain keberadaan tanaman mangrove mampu menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai,” pungkas Wakapolda NTT, Brigjen Pol Heri Sulistianto.

FOLLOW US