• Nusa Tenggara Timur

Sinergitas TNI-Polri Kunci Keberhasilan Pengamanan KTT ASEAN

Imanuel Lodja | Jum'at, 12/05/2023 06:28 WIB
 Sinergitas TNI-Polri  Kunci Keberhasilan Pengamanan KTT ASEAN Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma saat memberikan keterangan kepada pers usai penyelenggaraan KTT Asean di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

 KATANTT.COM--KTT Asean sukses digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT sejak 9-11 Mei 2023. Pelaksanaan KTT Asean diamankan langsung oleh aparat TNI dan Polri. Polda NTT juga melakukan mempersiapkan Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan KTT Asean tahun 2023.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma dan jajaran langsung melakukan study banding ke Polda Bali yang sukses melaksanakan G20. Polda juga melakukan koordinasi ke satuan kerja dan institusi lain.

"Setelah itu, kita kembali dan mulai menyiapkan anggaran dan latihan kepada anggota untuk melaksanakam pengamanan Asean Summit," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, Jumat (12/5/2023).

Terkait evaluasi kegiatan pengamanan yang dilakukan pada penyelenggaran KTT ke-42 Asean di Labuan Bajo, jenderal polisi bintang dua ini menyampaikan bahwa, segala sesuatu telah berjalan dengan baik.

"Dari hasil pengamatan dan evaluasi segala sesuatu sudah berjalan dengan baik, terjadi hambatan dalam topografi wilayah dan lalu lintas tetapi berkat sinergitas dan semangat anggota baik TNI- Polri bisa dikordinasikan dengan baik dan berjalan dengan lancar," ungkap mantan Kadiv Hubinter Polri ini.

"Kita juga sudah menyiapkan tempat unjuk rasa namun dengan pendekatan kepada masyarakat yang terkenal dengan keramahan semua bisa terhindar," tambahnya.

Menurutnya, sinergitas TNI-Polri adalah kunci keberhasilan pengamanan Asean Summit di Labuan Bajo. "Di mulai dari gelar pasukan bersama kemudian kita laksanakan tactical floor game dan semua kegiatan bapak Panglima TNI dan Kapolri meninjau semua itu tidak terjadi hambatan berarti dalam suksesnya pengamanan KTT Asean. Komunikasi yang intens itu dan membuat tekad untuk menyukseskan acara hari ini," tutur Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma.

Sebelum digelarnya KTT Asean, Irjen Pol Johni Asadoma juga mengungkapkan bahwa mendapatkan mandat dari pimpinan Polri jenderal polisi Drs Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan berbagai kesiapan mulai dari infrastruktur hingga akomodasi.

"Perintah bapak Kapolri pertama yaitu, menyiapkan infrastruktur dan akomodasi yang akan digunakan baik pimpinan maupun anggota, mobilisasi pergerakn sehingga tidak terjadi keterlambatan dan segera bisa disetting semua perlengkapan dalam pengamanan KTT Asean," tutup Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma.

FOLLOW US