• Nusa Tenggara Timur

Kopi Flores Jadi Suguhan untuk Delegasi KTT Asean Summit di Labuan Bajo

Imanuel Lodja | Selasa, 09/05/2023 05:42 WIB
Kopi Flores Jadi Suguhan untuk Delegasi KTT Asean Summit di Labuan Bajo Sejumlah stand yang disiapkan Komunitas kopi NTT untuk menyajikan kopi Flores di beberapa lokasi di Labuan Bajo untuk disuguhkan kepada delegasi KTT Asean di Labuan Bajo, Senin (7/5/2023).

KATANTT.COM--Perhelatan Asean Summit 42 tahun 2023 di Labuan Bajo kabupaten Manggarai Barat, NTT berdampak positifnya bagi masyarakat setempat. Selama persiapan, ada perbaikan dan penambahan beberapa infrastruktur sehingga dampak ekonomi menyentuh masyarakat lokal juga terasa.

Salah satu dampak ekonomi dirasakan bagi para penggiat kopi asli NTT khususnya kopi dari daratan Flores.Dipastikan bahwa seluruh delegasi KTT Asean akan menikmati kopi asli NTT baik dalam kegiatan side event maupun main event yang mana kopi tersebut juga disajikan langsung oleh para pengusaha kopi lokal NTT.

Untuk diketahui bahwa kopi NTT tersebar di beberapa wilayah NTT yang berada di daratan Flores, Sumba, Timor, Alor dan lainnya. Tercatat kurang lebih 13 kabupaten di NTT merupakan daerah penghasil kopi yang terus dikembangkan kualitas dan kuantitasnya oleh pemerintah yang tentunya juga bekerja sama dengan berbagai komunitas penggiat kopi NTT.

Ketua Dekopi (Dewan Kopi Indonesia) NTT, Bony Romas menyebutkan beberapa varian kopi NTT yang cukup terkenal dan tua adalah kopi Arabica Bajawa, Arabika Manggarai, Robusta Manggarai, Yellow caturra Manggarai, Red Bourbon Manggarai, Juria Manggarai.

"Yellow catura Bajawa banyak diminati oleh para penikmat kopi baik lokal maupun internasional karena diyakini kopi yang sering disebut kopi colombia ini, satu yang terbaik adalah yang berasal dari Bajawa, Kabupaten Ngada," ujarnya, Senin (8/5/2023).

Demikian juga dengan Juria Manggarai yang berasal dari Desa Colol, Kabupaten Manggarai merupakan kopi tua yang nikmat dan terus menerus dipelihara secara tradisional oleh masyarakat setempat.

Selain menyajikan langsung kopi NTT di berbagai event Asean Summit 42, Komunitas kopi NTT juga menggelar stand kopi diantaranya di lokasi wisata batu cermin ada kopi arabica dan robusta wologai yang dikelola oleh Yuli Rosario, warga asli dari desa Wologai Kabupaten Ende.

Ada pula Arabica Flores Bajawa dengan nama produk Arabika Flores Bajawa Ata Ga`e dan Wolo wio by Nona Stevania dan Leonardus Suri. Selain itu juga ada di Pesta Rakyat_ Street Carnival Labuan Bajo sebagai Side Event KTT Asean ke 42 yang mulai dibuka tanggal 7 Mei 2023.

Ada Golomori coffee menyajikan kopi dari Manggarai dengan varian lengkap seperti Arabika Manggarai, Robusta Manggarai, Yellow caturra Manggarai, Red Bourbon Manggarai, Juria Manggarai yang dikelola oleh Heri.

Kopi Mabe menyajikan kopi Manggarai dan beberapa paket promo alat alat kopi yang dikelola oleh Boni Romas yang juga ketua Dekopi (Dewan Kopi Indonesia) NTT.

Kemudian ada juga Kopito Borong siap seduh Juria Colol, Peaberry arabika Colol, dan arabika Colol versi drip bag coffee dan V60. Tidak lupa ada signature produk Kopito Rempah dan Kopi Kadin Manggarai Timur varian robusta.

Dari kabupaten Ende pun tidak ketinggalan memeriahkan event pesta rakyat ini melalui stan Kopi RATU dengan varian Robusta Ende. "Mari kita bersama sukseskan perhelatan Asean Summit 42 di Labuan Bajo," ujar Ketua Dekopi (Dewan Kopi Indonesia) NTT, Bony Romas.

FOLLOW US