• Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo Siap Jadi Tuan Rumah KTT Asean Summit Tahun 2023

Semy Andy Pah | Kamis, 04/05/2023 07:20 WIB
Labuan Bajo Siap Jadi Tuan Rumah KTT Asean Summit Tahun 2023 Wakil Gubernur NTT, Josef Nai Soi saat menggelar jumpa pers guna menyampaikan kesiapan Labuan Bajo di kabupaten Manggarai Barat menjadi tuan rumah KTT Asean Summit pada tanggal 9-13 Mei 2023 mendatang di Kantor Gebernur NTT, Selasa (2/5/2023).

KATANTT.COM--Provinsi NTT menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia, karena Labuan Bajo terpilih sebagai tuan rumah KTT Asean summit tahun 2023. Moment bersejarah yang baru pertama kali di gelar di NTT ini akan diiikuti oleh pimpinan/delegasi dari 11 negara pada tanggal 9-13 Mei 2023.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur NTT, Josef Nai Soi saat jumpa pers di Kantor Gebernur NTT, Selasa (2/5/2023).
Sebelumnya Josef Nae Soi mengaku telah bertemu dengan Presiden RI, Jokowi, guna membahas segala persiapan terkait pelaksanaan KTT Asean Summit ini.

"Dalam.pertemuan tersebut salah satu yang menjadi pokok pembahasan adalah sarana infrastruktur serta transportasi bagi para tamu istimewa dari berbagai negara," ujarnya.

Wagub NTT Josef Nae Soi menghimbau agar masyarakat NTT siap menerima para tamu Asean Summit dengan penuh sukacita. Selain itu orang nomor dua di NTT menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi, yang telah memilih NTT sebagai tuan rumah Asean Summit.

"Dua hari yang lalu saya diundang oleh pak Presiden ke Jakarta, tujuannya untuk mengikuti rapat terbatas, lalu dalam rapat tersebut diputuskan bahwa NTT dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT Asean Summit," kata Josef.

Menurut Josef, moment ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan karena itu semua masyarakat NTT harus siap menerima dengan antusias para tamu negara yang akan hadir dalam kegiatan tersebut.

Pemprov NTT jelas Josef, telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari sarana dan prasarana yang dibutuhkan sampai kebutuhan pendukung lainnya, seperti kesiapan, bandara, pelabuhan, jaringan PLN juga telekomunikasi serta penginapan.

"Kita sebagai tuan rumah NTT juga telah mempersiapkan tarian penjemputan bagi tamu dari 11 negara yang akan hadir, diantaranya tarian tradisional Tiba Meka, Rangkuk Alu dan Caci," katanya.

"Dari setiap kepala negara nantinya juga akan diberikan pakaian adat tradisional khas NTT, yang telah disiapkan oleh Julie Sutrisno Laiskodat, Ketua Dekranasda NTT pada saat 11 kepala negara datang ke.Laboan Bajo," pungkas Josef Nae Soi.

FOLLOW US