• Nusa Tenggara Timur

Kunker ke Pulau Adonara, Gubernur NTT Sebut Pentingnya Bangun Kelompok Perempuan

Imanuel Lodja | Jum'at, 28/04/2023 07:45 WIB
Kunker ke Pulau Adonara, Gubernur NTT Sebut Pentingnya Bangun Kelompok Perempuan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan sambutan saat kunker ke Pulau Adonara tepatnya di Kampung Kreatif Desa Pledo Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur, Kamis (27/4/2023).

KATANTT.COM--Usai melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Lembata, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) kembali melanjutkan kunjungan kerja ke Pulau Adonara Kabupaten Flores Timur. Di Pulau Adonara, orang nomor satu di NTT ini berkunjung ke Kampung Kreatif Desa Pledo Kecamatan Witihama sekaligus bertatap muka dengan masyarakat, Kamis (27/4/2023).

Dalam sambutannya, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengungkapkan, pentingnya membangun generasi kelompok perempuan yang berkualitas dan mampu menjadi kader pembangunan untuk dapat dapat mendukung program pemberdayaan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Kita tentunya sangat membutuhkan partisipasi kelompok perempuan untuk juga mengambil peran dalam pembangunan. Kita harus berpikir terbuka dan luas dengan ada kesamaan hak bagi kelompok perempuan untuk memberikan aspirasi, ide brilian, serta mengambil langkah dan kebijakan penting," ungkap Viktor Laiskodat.

"Kelompok Perempuan itu punya keunggulan multi tasking dan berperan penting membentuk generasi penerus dengan baik. Kita mengambil contoh sederhana seperti seorang ibu mendidik, membina, memberikan asupan gizi yang baik bagi anak, dan juga berperan membangun rumah tangga dan keluarga," jelasnya.

"Sebuah daerah itu maju kalau kelompok perempuan itu peradabannya sudah maju. Dengan membangun generasi perempuan yang unggul maka kita juga melakukan peningkatan kualitas peradaban dan pembangunan daerah," tambahnya.

Di tempat yang sama juga Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menjelaskan ke depannya perlu membangun bandara di Pulau donara.

"Penting untuk membangun bandara agar membantu melayani transportasi di kawasan Flores Timur, Lembata dan Alor. Ini kawasan yang luar biasa dengan alamnya yang eksotis, gunung yang indah, dan pantai dan laut yang luar biasa memikat. Maka kita perlu bangun bandara di sini untuk juga mengangkat pariwisata dan sektor lainnya di pulau adonara ini," kata Viktor lagi.

"Kita ingin agar landasan runway bandara yang dibangun mencapai 3.000 meter sehingga bisa dilandasi pesawat wide body. Kalau kita bisa bangun bandara di sini maka akan mendukung pariwisata selain Labuan Bajo dan juga kabupaten lainnya di Pulau Flores dan berdampak positif pada peningkatan ekonomi daerah," katanya.

"Kalau bandara disiapkan untuk mendukung pariwisata, maka masyarakat juga harus siap terkait dengan desain kebersihan lingkungan dan memberikan pelatihan bahasa asing seperti Bahasa Inggris bagi anak-anak dan masyarakat. Hal ini penting bagi kita untuk membantu memberikan pelayanan bagi pengunjung dari luar negeri yang datang," katanya.

Pada kesempatan tersebut juga, Gubernur NTT VBL menerangkan potensi tenaga listrik dengan pemanfaatan arus laut yang ada diantara Lembata, Flores Timur dan Adonara untuk dapat nantinya dimanfaatkan dengan baik bagi kesejahteraan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Flores Timur Doris Rihi menyampaikan apresiasi kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang telah melakukan kunjungan di Kabupaten Flores Timur terkhususnya di Pulau Adonara serta memotivasi dan memberikan arahan kepada masyarakat.

Untuk diketahui, di hari yang sama juga Gubernur NTT VBL menyempatkan untuk menghadiri acara penyerahan bantuan kepada SMA/SMK Se-Kabupaten Lembata di SMA Negeri 1 Nubatukan Lembata dan melakukan peresmian alat penyulingan air laut menjadi air minum di Desa Pledo Kecamatan Witihama Adonara.

FOLLOW US