• Nusa Tenggara Timur

Kolaborasi Polantas-PKS dalam Mengatur Lalu Lintas di Kota Kupang

Imanuel Lodja | Rabu, 26/04/2023 08:05 WIB
Kolaborasi Polantas-PKS dalam Mengatur Lalu Lintas di Kota Kupang Sejumlah PKS dan Polwan dari Satlantas Polresta Kupang Kota berjaga di jalan depan sekolah tersebut melaksanakan pengaturan dan penyeberangan bagi siswa dan siswi, Rabu (26/4/2023).

KATANTT.COM--Ada pemandangan berbeda di depan SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Kota Kupang. Di jalur Jalan Cak Doko dan Jalan WJ Lalamentik, polisi lalu lintas dari Satuan Lalulintas Polresta Kupang Kota berkolaborasi dengan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) mengatur lalu lintas pada Rabu (26/4/2023) usai libur panjang hari raya.

PKS SMA Negeri 1 Kupang dan Polantas melakukan pengaturan dan penyeberangan siswa dan pejalan kaki di Jalan Cak Doko sehingga arus lalu lintas di jalur tersebut berjalan tertib dan lancar.

Hal yang sama dilakukan PKS SMA Negeri 3 Kupang dan polisi di Jalan WJ Lalamentik di depan SMA Negeri 3 Kupang.
Sejumlah PKS dan Polwan dari Satlantas Polresta Kupang Kota berjaga di jalan depan sekolah tersebut melaksanakan pengaturan dan penyeberangan bagi siswa dan siswi.

Para siswa dan siswi pun terbantu menyebrangi jalan dan masuk ke area sekolah dengan lancar guna mengikuti upacara dan kegiatan belajar mengajar. Siswa SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Kupang yang menjadi PKS di sekolahnya diterjunkan secara bergiliran guna membantu siswa lain saat menyebrang.

Ayu Wulandari (16), salah seorang siswi SMA Negeri 1 Kupang mengaku terbantu dengan adanya kerjasama antara PKS dan Polantas. "PKS dan polisi sangat membantu kami saat menyeberang sehingga tidak terlambat masuk sekolah dan arus lalu lintas pun lancar dan tertib. Semoga kita semua tetap sadar dan menaati aturan lalu lintas," kata siswi kelas XI ini.

Ia juga berharap pengendara dan pengguna jalan lain bisa membantu menciptakan ketertiban lalu lintas dan memprioritaskan pejalan kaki dan siswa jika menyeberangi jalan.

Kasat Lantas Polresta Kupang Kota, Kompol Imanuel Zacharias juga mengapresiasi kerjasama PKS dan polisi lalu lintas ini. "Dengan terbentuknya PKS di sekolah-sekolah, bisa membantu kita (polisi) dalam pengaturan khusus di sekolahnya," ujar mantan Kasat Lantas Polres Sumba Barat ini, Rabu (26/4/2023).

Kasat juga meyakini kalau keterlibatan PKS dalam tugas lalu lintas ini bisa memupuk jiwa disiplin bagi siswa. "Ini juga menjadi contoh dalam disiplin berlalu lintas lebih khusus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas khusus disekolahnya dan lingkungan tempat tinggal," tegas mantan Kasat Lantas Manggarai ini.

FOLLOW US