• Nusa Tenggara Timur

GAMKI NTT Serukan Rawat Toleransi Keagamaan dan Keamanan Asean Summit

Imanuel Lodja | Jum'at, 21/04/2023 11:03 WIB
GAMKI  NTT Serukan Rawat Toleransi Keagamaan dan Keamanan Asean Summit Ketua DPD GAMKI NTT, Gadi Buli didampingi Sekretaris DPD GAMKI NTT, Simon Petrus Nilli dan sejumlah pengurus, saat jumpa pers, Jumat, (21/4/2023.

KATANTT.COM--Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) Provinsi NTT menyerukan kepada semua pihak yang ada di wilayah Flobamorata agar tetap menjaga dan merawat toleransi.

"Tetap rawat dan jaga toleransi dan suasana yang kondusif agar hari raya Lebaran di NTT berjalan dengan aman dan damai," ujar Ketua DPD GAMKI NTT, Gadi Buli didampingi Sekretaris DPD GAMKI NTT, Simon Petrus Nilli dan sejumlah pengurus, Jumat, 21/4/2023.

Semangat toleransi dan suasana yang kondusif serta keamanan selama perayaan hari-hari besar keagamaan menjadi tanggung jawab bersama semua kompenen masyarakat. “Aspek keamanan dan kenyamanan pun menjadi hal penting dalam perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah di tahun2023 ini,” tambah Gadi-alumni Fakultas Hukum Undana ini.

Karena itu DPD GAMKI NTT menyerukan kepada masyarakat NTT untuk menjaga situasi yang tenang menjelang Lebaran dan saat hari raya Lebaran. Kondisi yang aman dan kondusif diharapkan tercipta saat malam takbiran baik di darat dan di laut pada Jumat malam serta sholat Ied di sejumlah lokasi pada Sabtu pagi.

GAMKI juga berharap kepada umat yang tidak merayakan Lebaran agar membantu menciptakan situasi yang kondusif dimulai dari lingkungan sendiri.

Jika ada gangguan keamanan diharapkan diselesaikan secara kekeluargaan dan gangguan yang merupakan tindak pidana agar dilaporkan ke aparat keamanan dan mempercayakan penyelesaian pada pihak keamanan.

GAMKI berharap dengan kondisi yang kondusif dan damai maka umat Muslim di NTT akan menjalankan rangkaian hari raya dengan aman dan damai.

"Kita saling menjaga agar hari raya lebaran berlangsung dengan damai. Kami juga menyampaikan selamat hari raya lebaran bagi seluruh umat Muslim di NTT. Dengan hari raya ini kiranya toleransi dan kedamaian di NTT tetap terjaga," ujar politisi Partai Golkar ini.

Dukung Asean Summit

Bulan Mei 2023 mendatang, Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat menjadi tuan rumah ASEAN Summit 2023. Berkaitan dengan itu, GAMKI mendukung penuh pelaksanaan event besar ini dan berharap membawa dampak bagi masyarakat NTT.

GAMKI juga berharap agar seluruh masyarakat NTT mendoakan dan mendukung sukses pelaksanaan Asean Summit. Juga mendukung aparat keamanan dan seluruh pihak yang mempersiapkan pelaksanaan Asean Summit. "Kami mendoakan dan berharap pelaksanaan Asean Summit berjalan dengan baik dan juga berdampak positif bagi masyarakat NTT," ujar Gadi.

Dukungan masyarakat juga diharapkan agar menjaga keamanan selama persiapan dan saat pelaksanaan Asean Summit 2023.

FOLLOW US