• Nusa Tenggara Timur

Sukseskan Asean Summit 2023, Kapolda NTT Intens Pantau Kesiapan di Labuan Bajo

Imanuel Lodja | Jum'at, 14/04/2023 07:40 WIB
 Sukseskan Asean Summit 2023, Kapolda NTT Intens Pantau Kesiapan di Labuan Bajo Kapolda NTT NTT Irjen Pol Johni Asadoma dan rombongan langsung meninjau kesiapan sejumlah gedung dan fasiltas yang nantinya ditempati oleh personel BKO yang akan melaksanakan pengamanan kegiatan Asean Summit 2023, Kamis (13/4/2023).

KATANTT.COM--Kegiatan Asean Summit 2023 digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, pada bulan Mei 2023 mendatang. Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum pun intens memantau persiapan demi suksesnya kegiatan ini.

Dan Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma kembali mengunjungi Kota Wisata Premium tersebut pada Kamis (13/4/2023). Dalam kunjungan ini, Kapolda NTT NTT Irjen Pol Johni Asadoma didampingi oleh sejumlah pejabat utama Polda NTT diantaranya, Karoops, Karo SDM, Dirlantas, Dirintelkam, Dirpolairud, Ditsamapta, Dansatbrimob dan Dirpamobvit.

Kapolda NTT NTT Irjen Pol Johni Asadoma dan rombongan langsung meninjau kesiapan sejumlah gedung dan fasiltas yang nantinya ditempati oleh personel BKO yang akan melaksanakan pengamanan kegiatan Asean Summit 2023.

Gedung yang ditinjau oleh mantan Kadiv Hubinter Polri ini yakni, salah satu ruko di Gang Pengadilan, Kelurahan Waekelambu, aula SMA Katholik St. Ignatius Loyola Labuan Bajo dan salah satu ruko di Cowang Dereng, Desa Batu Cermin.

Sekedar untuk diketahui bahwa Puncak Waringin dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori menjadi venue utama ASEAN Summit 2023. Sebagai tuan rumah pertemuan pimpinan negara se-Asean, beberapa infrastruktur di Labuan Bajo telah dilakukan peningkatan dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Dukungan infrastruktur untuk menyukseskan Asean Summit di KEK Tana Mori yakni pembangunan round about beach club, shelter dermaga, penataan landsekap dan pemasangan geomat pada koridor jalan kawasan Tana Mori, helipad, serta pembangunan tempat parkir berkapasitas 100 unit mobil.

Selain infrastruktur KEK Tana Mori, Kementerian PUPR juga menyelesaikan pembangunan Mako Polres Manggarai, lansekap koridor jalan Labuan Bajo, dan pekerjaan promenade penghubung pada Kawasan Waterfront Marina zona 4.

Kawasan Waterfront Marina memiliki 5 zona yakni Zona 1 Bukit Pramuka, Zona 2 Kampung Air, Zona 3 Dermaga, Zona 4 kawasan Pantai Marina (Inaya Bay) dan Zona 5 Kampung Ujung.

Kementerian PUPR juga membangun Embung Anak Munting diantara Jalan Akses Labuan Bajo menuju Golo Mori, Kecamatan Komodo, dengan kapasitas tampung 159.481,10 m3 dan luas genangan 4,5 hektare.

Pembangunan embung ini memiliki fungsi utama untuk konservasi dan mendukung pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo dalam rangka pelaksanaan Asean Summit.

FOLLOW US