• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Launching Pelayaran Perdana KM Meratus Gorontalo

Semy Andy Pah | Minggu, 19/02/2023 08:18 WIB
Gubernur NTT Launching Pelayaran Perdana KM Meratus Gorontalo Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melaunching pelayaran perdana KM Meratus Gorontalo Voyage G.I001 E oleh PT Pelindo dan Meratus Group di Pelabuhan Tenau Kupang, Rabu (15/2/2023).

KATANTT.COM--Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melaunching pelayaran perdana KM Meratus Gorontalo Voyage G.I001 E oleh PT Pelindo dan Meratus Group di Pelabuhan Tenau Kupang, Rabu (15/2/2023).

"Ini adalah sebuah langkah pertama yang sangat berarti. Saya harap langkah seterusnya harus kita dukung, agar dapat memacu perkembangan pelayanan logistik di NTT, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat serta bisa mendukung peningkatan bisnis perdagangan, tidak saja di NTT bahkan sampai ke luar negeri," kata Viktor.

Menurut Viktor, jika seluruh masyarakat dan pemerintah daerah mendukung gebrakan ini, maka geliat perekonomian masyarakat NTT akan maju pesat. Apalagi dalam waktu dekat juga akan segera mewujudkan Free Trade Zone di perbatasan RI-RDTL.

Ia mengungkapkan kegembiraannya atas launching pelayaran perdana KM Meratus Gorontalo ini. "Saya berharap PT. Pelindo dan Meratus Group tingkatkan kolaborasi dalam mendukung perekonomian, khususnya perdagangan di kawasan RI dan RDTL, dengan memperkuat Free Trade Zone dalam semangat persaudaraan yang kuat, karena kita adalah ras Melanesia," imbuhnya.

Ia menilai dibukanya pelayaran logistik ini tentu akan mendorong perekonomian antara Kupang-Dili-Darwin. Selain itu, pembukaan pelayaran ini juga membawa pesan politik, bahwa di negara-negara Milenesia, telah dibangun semangat kolaborasi dan pesan persaudaraan milenesia kepada dunia.

Sementara Kepala PT. Meratus Line Cabang Kupang Sri Kuslestari mengatakan bahwa sebagai integrator maritim dan logistik terbaik di Indonesia, Meratus kembali meluncurkan layanan internasional dalam jangkauan yang berekspansi melampui Asean hingga Asia, dengan nama PNG (Papua New Guinea) Express.

"Layanan ini menjadi layanan dengan Kapal Bendera Merah Putih pertama yang menginjakan kaki di Papua New Guinea," katanya.

Layanan ini kata dia, membawa tujuan Meratus untuk dapat menghubungkan Indonesia termasuk Nusa Tenggara Timur dengan negara-negara lain di dunia yang berlayar dari Jakarta, Surabaya, singgah di Kupang berlanjut ke Dili dan Papua New Guinea. Layanan ini juga dapat tersambung dengan 3 negara lainnya yaitu, Malaysia, Singapura dan China.

"PNG Express ini akan memberikan kesempatan besar bagi pelaku ekpor dan impor dari banyak negara. Selain itu, kami juga ingin menjadi penggerak untuk mengaktifkan konektifitas perdagangan yang memberikan pemantik bagi laju ekonomi,"  jelas Sri Kuslestari.

Sri Kuslestari menambahkan bahwa  saat ini Meratus didukung lebih dari 40 trayek, 35 jaringan keagenan, 65 kapal peti kemas milik sendiri, dua terminal peti kemas serta lebih dari 15 pusat dan gudang logistik peti kemas darat.

Meratus terus berinovasi dalam upaya membantu perekonomian serta memperlancar arus logistik baik domestik maupun internasional.

Sebelum Peresmian Pelayaran Perdana Kapal Meratus Gorontalo Voyage G.I001E oleh Gubernur VBL, diawali dengan penyerahan secara simbolis Surat Persetujuan Berlayar dari KSOP Kupang, Miffahulhadi, kepada kapten, Capt Usman Langkana.

FOLLOW US