• Nusa Tenggara Timur

Dihantam Angin Kencang, Kapal Wisata Angkut Belasan Wisatawan Tenggelam di Labuan Bajo

Imanuel Lodja | Minggu, 22/01/2023 04:09 WIB
Dihantam Angin Kencang, Kapal Wisata Angkut Belasan Wisatawan Tenggelam di Labuan Bajo Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi belasan wisatawan manca negara dan domestik, penumpang KM Tiana Live Board yang tenggelam di Labuan Bajo, Sabtu (21/1/2023).

KATANTT.COM--Kapal Motor (KM) Tiana yang merupakan kapal wisata tenggelam di perairan wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (21/1/2023) petang sekitar pukul 15.40 wita.

Kapal yang mengangkut belasan wisatawan manca negara dan domestik ini tenggelam di Perairan Batu Tiga Toro Kuning Pulau Komodo sesuai titik koordinat lintang 08`35"834: S 119` 34"154 E, Desa Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kapal memuat 19 orang penumpang terdiri dari 10 orang WNA, 4 orang WNI, 4 orang kru kapal dan 1 orang guide. KM Tiana Live Board GT 61 dinahkodai Muhdar, KKM Adrianus Buru Sage, room boy Efendi dan ABK Yudi Asrori. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun dua orang penumpang mengalami luka-luka.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto yang dikonfirmasi Sabtu (21/1/2023) malam membenarkan kejadian ini. Disebutkan bahwa kapal Tiana Live Board berlayar dari Labuan Bajo pada Jumat (20/1/2023). Kapal berangkat dari Pelabuhan Marina menuju Pulau kelor, Pulau kambing dan melakukan angker/berlabuh di perairan Pulau Kambing.

Pada pukul 00.00 wita, kapal berlayar dari Pulau Kambing menuju Pulau Padar dan bermalam di Pulau Padar Kabupaten Manggarai Barat. Sabtu siang sekira pukul 13.45 wita, kapal berlayar dari Pulau Padar menuju Pulau Komodo. Di perairan Batu Tiga dan Loh Kuning, tiba-tiba datang angin kencang yang menyebabkan kapal miring sehingga tenggelam.

Dua jam kemudian atau pada pukul 15.40 wita, informasi tenggelamnya KM Tiana Live Boat tenggelam di perairan batu tiga Pulau Komodo diperoleh pihak kepolisian. Tim Gabungan langsung menuju lokasi kecelakaan kapal dan melakukan evakuasi terhadap korban dan dibantu oleh perahu masyarakat Pulau Komodo.

Pada pukul 16.45 wita, tim gabungan melaksanakan evakuasi pertama terhadap korban sebanyak 8 orang. 2 orang diantaranya mengalami luka-luka. Pukul 18.00 wita, Tim Gabungan yang mengevakuasi 8 korban tiba di Pelabuhan Marina Labuan Bajo.

Dua korban luka-luka langsung dibawa ke RSU Siloam Labuan Bajo menggunakan mobil ambulance. Pada pukul 19.39 wita, tim gabungan mengevakuasi untuk tahap kedua terhadap 7 orang korban dan dibawa ke Pelabuhan Marina. "Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tenggelam kapal KM Tiana live boat. Ada korban luka-luka 2 orang," ujar Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto.

Saat ini Kapal KM Tiana Live Boat masih di lokasi kecelakaan di perairan Batu Tiga Pulau Komodo, Desa Komodo, Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat. "Penyebab kapal KM Tiana Live Boat tenggelam karena angin kencang yang datang secara tiba-tiba dan cuaca buruk," tambah mantan Kapolres Rote Ndao.

Daftar Penumpang KM Tiana Live Boat:

1. Kurnossova Yelena (WNA Kazakhstan)
2. Imanzhnov Miras (WNA Kazakhstan)
3. Nikolas (WNA Canada)
4. DZulija (WNA Latvia)
5. Mirjam Susane (WNA Germany)
6. Hanna Luisa (WNA Germany)
7. Spirofskaya Ina (WNA Rusia)
8. Spirovqy Ivan (WNA Rusia) 765957880
9. Fansiska Josepine (WNI)
10. Eka Handa Jani Wijaja (WNI)
11. Khou Andre W Prakoso (WNI)
12. Khouw Sintia Josepine (WNI)
13. Verdianus Sandra (WNI)
14. Flafianus Damai
15. Sopir Mifsud
16. Muhdar
17. Adrianus Buru Sage
18. Efendi
19. Yudi Asrori

FOLLOW US