• Nusa Tenggara Timur

Kapal Wisata Dunia Baru Komodo Terbakar di Labuan Bajo, 5 WNA Berhasil Diselamatkan

Imanuel Lodja | Selasa, 17/01/2023 12:28 WIB
Kapal Wisata Dunia Baru Komodo Terbakar di Labuan Bajo, 5 WNA Berhasil Diselamatkan Kapal wisata Dunia Baru Komodo GT 27 terbakar saat mengantar wisatawan asing dan domestik, Senin (16/1/20223).

KATANTT.COM--Kapal wisata "Dunia Baru Komodo" GT 27 terbakar saat mengantar wisatawan asing dan domestik, Senin (16/1/20223). Kebakaran kapal wisata yang dinahkodai Ramadan ini terjadi di perairan Pulau Sebayur sesuai titik koordinat 08`31"8,00 S 119` 42"47,00 E di Selat Sebayur, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kapal dengan KKM Muldioyono dan room boy, Amirudun ini mengangkut 10 orang penumpang terdiri dari 5 orang warga negara asing (WNA) dan 5 orang warga negara Indonesia (WNI) termasuk kru kapal.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal wisata ini. Penumpang (tamu) dievakuasi ke dermaga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dengan menggunakan speed boat Komodo Resort.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto yang dikonfirmasi Selasa (17/1/2023) menyebutkan kalau kapal berlayar sejak Sabtu (14/1/2023). Kapal berangkat dari pelabuhan Labuan Bajo menuju pulau Kelor, Kabupaten Manggarai Barat dan selanjutnya ke Pulau Komodo dan Pulau Kalong.

Pada Senin (16/1/2023), kapal wisata "Dunia Baru Komodo" menuju Pulau Sebayur dan melakukan angker/ berlabuh di perairan Pulau Sebayur. Pada pukul 13.50 Wita, kru kapal melihat ke belakang dapur dan langsung berteriak ada kebakaran di bagian dapur kapal.

Saat itu juga kapten kapal, Ramadhan langsung lompat ke bawah dek kapal dan mengambil alat pemadam kebakaran. Ramadhan langsung menyemprot sampai api padam. "Kebakaran api yang terjadi diduga dari gas elpiji yang berada di dapur kapal," tandas Kapolres Manggarai, AKBP Felli Hermanto.

Sekitar pukul 14.30 Wita, api berhasil dipadamkan oleh para kru kapal dengan langkah-langkah yang di ambil kru kapal yakni langsung melaksanakan penyemprotan alat pemadam kebakaran tersebut. "Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun diperkirakan kerugian sebanyak Rp 100 juta," tambahnya.

Kapal tersebut berlayar sesuai dengan clereance pas nomor KMH/I/KSOP.III/1/2023 tanggal 15 Januari 2023. Kapal KLM Dunia Baru Komodo sudah dievakuasi/ ditarik menuju perairan Waecicu Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Daftar Penumpang:

1. Annur Rochim, asal Indonesia
2. Yohanes Ebit asal Indonesia
3. Maguire Niamh Aine asal Australia
4. Thierry asal Australia
5. Francoise Marie de Pierpont asal Belgium
6. Yves Jaques De Ryckle, asal Belgium
7. Pierre de Ryckel asal Belgium

ABK Kapal:

1. Nakhoda
2. KKM
3. Room Boy

 

FOLLOW US