• Nusa Tenggara Timur

Kapolda NTT Minta Seluruh Jajaran Siapkan Pasukan Siaga Bencana Antisipasi Cuaca Buruk

Imanuel Lodja | Jum'at, 06/01/2023 19:03 WIB
Kapolda NTT Minta Seluruh Jajaran Siapkan Pasukan Siaga Bencana Antisipasi Cuaca Buruk Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma

KATANTT.COM--Menghadapi cuaca buruk saat ini, Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, minta seluruh jajaran operasional baik di tingkat Polda maupun Polres agar selalu standby 24 jam.

Hal ini dilakukan guna untuk siaga bencana menghadapi kondisi cuaca yang kurang bersahabat itu. Saat ini masyarakat NTT tengah menghadapi cuaca yang buruk baik hujan angin, banjir dan gelombang yang tinggi.

"Untuk itu saya minta seluruh jajaran baik di tingkat Polda, jajaran-jajaran operasional direktorat maupun di Polres-polres jajaran agar semua standby 24 jam, personel dan perlengkapan secara berjenjang di lapangan disiapkan dan disusun dengan baik," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma, Jumat (6/1/2023).

Dengan demikian, setiap kali ada kejadian yang membutuhkan kehadiran polisi khususnya kejadian bencana alam mulai dari skala yang paling kecil sampai skala yang paling besar maka Polri hadir ditengah-tengah masyarakat.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma mengatakan kalau di Kabupaten Kupang dan kabupaten Alor kehadiran Polri sangat cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana sehingga mendapat apresiasi.

"Kehadiran personel Polri Polda NTT dengan cepat mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari masyarakat. Untuk itu saya minta seluruh jajaran agar siap menghadapi iklim ataupun cuaca yang sekarang ini dapat menimbulkan bencana di tengah masyarakat khususnya bencana alam yang skala paling kecil sampai dengan skala yang paling besar," harapnya.

Untuk skala besar dibutuhkan koordinasi dengan seluruh stakeholder baik itu Pemda, satuan-satuan TNI, ormas-ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat semuanya dilibatkan.

"Kita tidak bisa berkerja sendiri tapi kita harus menjadi moto didalam penanggulangan lembaga bencana-bencana alam yang mungkin ataupun berpotensi timbul pada masa atau musim penghujan," terangnya.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma juga memerintahkan para Kasatwil agar terjun ke lapangan melakukan mitigasi bencana dan pemetaan terhadap daerah rawan. "Para Kapolres monitor wilayahnya, mengingat cuaca saat ini tak menentu," pintanya.

Selain itu, Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma juga meminta kepada jajaran untuk mengimbau masyarakatnya agar berhati-hati dalam beraktivitas terutama di sungai maupun di pantai.

FOLLOW US