• Nusa Tenggara Timur

Ratusan Anggota Polri dan ASN Polda NTT Naik Pangkat

Imanuel Lodja | Sabtu, 31/12/2022 19:39 WIB
Ratusan Anggota Polri dan ASN Polda NTT Naik Pangkat Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma memberikan ucapan selamat kepada anggotanya yang menerima kenaikan pangkat usai memimpin upacara kenaikan pangkat di Polda NTT di lapangan Mapolda NTT, Sabtu (31/12/2022).


KATANTT.COM--Sebanyak 815 anggota Polri dan ASN lingkup Polda NTT dan Polres jajaran mengalami kenaikan pangkat periode 1 Januari 2023. Ada 171 orang anggota Polri dan ASN lingkup Polda NTT dan 644 di satuan wilayah/Polres jajaran yang naik pangkat.

Jumlah Pamen yang naik pangkat sebanyak 30 orang yakni Kompol ke AKBP 15 orang dan AKP ke Kompol 15 orang. Untuk Pama sebanyak 127 orang, Ipda 2 orang, Ipda ke Iptu 67 orang dan Iptu ke AKP 58 orang.

Bintara sebanyak 656 orang yakni Bharaka 2 orang, Bripda ke Briptu 36 orang, Briptu ke Brigpol 27 orang, Brigpol ke Bripka 172 orang, Bripka ke Aipda 378 orang dan Aipda ke Aiptu 31 orang.

Di Polda NTT terdapat 21 perwira menengah yakni 14 orang perwira berpangkat Kompol naik setingkat menjadi AKBP dan 7 orang AKP naik pangkat menjadi Kompol.

Sementara di jajaran Pama ada 33 orang naik pangkat. Iptu ke AKP sebanyak 16 orang, Ipda ke Iptu 16 orang dan naik pangkat menjadi Ipda satu orang.

Untuk Bintara ada 115 orang. Aipda ke Aiptu 14 orang, Bripka ke Aipda 38 orang, Brigpol ke Bripka 38 orang, Briptu ke Brigpol 10 orang, Bripda ke Briptu 13 orang dan Bharaka 2 orang.

Terdapat pula dua ASN Polda NTT naik pangkat yakni Pembina dan Penda masing-masing sebanyak satu orang. Sementara di Polres jajaran ada 1 orang dari Kompol menjadi AKBP dan 8 orang naik dari AKP menjadi Kompol.

Perwira pertama (Pama) di Polres jajaran sebanyak 94 orang terdiri dari perwira Iptu ke AKP 42 orang, Ipda ke Iptu 51 orang dan Ipda satu orang.

Bintara sebanyak 541 orang yakni dari Aipda ke Aiptu 17 orang, dari Bripka ke Aipda 340 orang, dari Brigpol ke Bripka 134 orang, dari Briptu ke Brigpol 17 orang dan dari Bripda ke Briptu 33 orang.

Upacara kenaikan pangkat di Polda NTT digelar pada Sabtu (31/12/2022) di lapangan Polda NTT oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum. Selain Kenaikan pangkat, kegiatan ini pun dirangkai dengan upacara kesiapan pengamanan pergantian tahun.

"Apa yang kita capai, kita raih kenaikan pangkat satu tingkat itu karena prestasi kerja, pengakuan dari institusi terhadap kinerja, aspek mental, disiplin, perilaku, karakter. Karena itu, setiap prestasi dihargai dengan melihat aspek-aspek tersebut," kata Johni Asadoma.

Lanjutnya, pangkat juga merupakan amanah yang tak hanya dipertanggungjawabkan terhadap negara, institusi, masyarakat dan juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Oleh karena itu, saya minta kepada personel yang naik pangkat untuk terus menunjukan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi dan hindari pelanggaran-pelanggaran sekecil apa pun juga", pinta jenderal bintang dua ini.

Malam Pergantian Tahun

Terkait pergantian tahun, Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma menyampaikan bahwa momentum ini selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Khusus di kota Kupang di setiap penghujung tahun masyarakat melaksanakan berbagai kegiatan sehingga tentunya berimplikasi terhadap Kamtibmas.

"Karena itu, bagi setiap anggota yang ditugaskan ikut mengamankan malam tutup tahun dan penyambutan tahun baru agar kita laksanakan tugas ini dengan baik. Ini adalah puncak dari rangkaian Operasi Lilin Turangga 202", jelas orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini.

Ia berharap masyarakat yang merayakan pergantian tahun baru dapat merayakan di rumah atau di tempat yang sudah ditentukan.

"Begitu juga dengan mereka yang suka mengkonsumsi miras silahkan pada tempatnya, tidak di pinggir jalan, tidak di tempat-tempat umum yang nanti dampaknya bisa mengganggu orang lain," harapnya.

Bagi anggota yang bertugas di lapangan dan berjaga di rumah ibadah atau di penggal-pengal jalan yang sudah ditetapkan, Kapolda NTT meminta untuk melaksanakan tugas dengan secara maksimal.

"Tetap jaga keselamatan diri dan berikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah tutup tahun maupun perayaan menyambut tahun baru malam nanti", pungkas Johni Asadoma.

 

 

FOLLOW US