• Nusa Tenggara Timur

Banser NU Terlibat Pengamanan Perayaan Natal di Kabupaten TTU

Imanuel Lodja | Kamis, 22/12/2022 07:44 WIB
Banser NU Terlibat Pengamanan Perayaan Natal di Kabupaten TTU Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Ibrahim Agus bersilaturahmi dengan pimpinan NU Cabang TTU, Haji Muhammad Ismail Jazuli, Rabu (21/12/2022).

KATANTT.COM--Pengamanan natal di wilayah NTT khususnya di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melibatkan banyak pihak. Aparat Polres TTU juga menggandeng Banser NU Cabang TTU mengamankan perayaan natal tahun 2022 di wilayah Kabupaten TTU.

Rabu (21/12/2022) Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Ibrahim Agus, SE, bersilaturahmi dengan pimpinan NU Cabang TTU, Haji Muhammad Ismail Jazuli.

Silaturahmi digelar untuk berkoordinasi terkait keterlibatan Banser NU dalam kegiatan pengamanan menjelang dan pada saat perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023.

Keterlibatan Banser dalam pengamanan tersebut adalah wujud dari rasa toleransi dan memiliki kewajiban untuk menjaga keutuhan NKRI dengan mendukung pihak kepolisian terutama Polres TTU guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan damai selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Banser NU merupakan salah satu organisasi milik negara yang harus dijaga dan dipelihara karena sudah teruji setia kepada Pancasila dan NKRI. Oleh karena itu Polres TTU selalu berkoordinasi sesuai dengan aturan yang ada.

"Keterlibatan organisasi tersebut dalam pengamanan tetap sesuai dengan prosedur Polri sebagai pengarah," ujar Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Ibrahim Agus.

Sat Lantas Polres TTU bertekad untuk terus menggandeng organisasi Banser NU. Salah satunya untuk menjadikan Duta Kamseltibcar Lantas yang akan diturunkan kepada anggota-anggota Banser.

Dalam penyampaian pesan lalulintas kepada masyarakat Kabupaten TTU, ada cara tersendiri yaitu gabung dan nongkrong di segalalapisan masyarakat. "Sehingga amanat ataupun pesan yang disampaikan diharapkan langsung mengena dihati masyakat secara emosional," tambahnya.

Silaturahmi ini guna menindak lanjuti perintah Kapolres TTU pada saat kegiatan Latihan Pra Ops Lilin - Turangga 2022. Jajaran Sat Lantas Polres TTU pun siap memberikan pengamanan dan Kamseltibcar Lantas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 di wilayah hukum Polres TTU.

Dalam pengamanan natal, Polres TTU mendirikan Pos PAM, Pos Yan serta Pos Terpadu dengan penempatan di masing-masing Pos.

Juga melaksanakan show of force keliling kota Kefamenanu, patroli serta himbauan dan teguran kepada pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot racing/modifikasi, serta menyiapkan personil yang siaga on call apabila membutuhkan kekuatan lebih antisipasi chaos di masyarakat.

Beberapa Pos PAM yang disiapkan oleh Polres TTU adalah sebanyak 5 Pos PAM di Gereja besar diantaranya Gereja Katholik Theresia, Gereja Protestan Imanuel, Gereja Katholik Naisliu, Gereja Protestan Petra dan Gereja Katholik Padua Sasi.

Juga ada satu Pos pelayanan di terminal Kefamenanu dan Pos Terpadu di Mako Polres TTU yg melibatkan personil siaga unsur-unsur terkait. Dalam menjaga keharmonisan dan rasa toleransi, Kapolres TTU juga sudah memasang spanduk ucapan hari raya Natal dan Tahun Baru dan himbauan Kamseltibcar Lantas.

"Semoga damai Natal dan rasa nyaman akan beribadah dan perayaan Tahun Baru di wilayah hukum Polres TTU berjalan khikmad, aman, nyaman dan lancar," tukas Rahmat Ibrahim Agus.

FOLLOW US