• Nusa Tenggara Timur

Antisipasi Bencana Alam, Polda NTT Siagakan Kompi Cadangan

Imanuel Lodja | Jum'at, 25/11/2022 13:29 WIB
Antisipasi Bencana Alam, Polda NTT Siagakan Kompi Cadangan Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma melakukan pemeriksaan sejumlah personil kompi cadangan yang dibentuk guna mengantisipasi bencana alam usai memimpin apel Siaga Bencana di Mapolda NTT, Jumat (25/11/2022).

KATANTT.COM--Mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada musim penghujan saat ini, Polda NTT melakukan berbagai langkah antisipasi.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, kepada wartawan usai pelaksanaan apel Siaga Bencana di Mapolda NTT, Jumat (25/11/2022) menyebutkan kalau Polda NTT menyiapkan personil untuk kesiagaan ini.

Kapolda juga menerangkan bahwa telah disiapkan kompi cadangan dari gabungan anggota dari satuan fungsi yang siap 24 jam untuk digerakan apabila dibutuhkan dalam penanganan bencana.

"Tentunya ini juga akan berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh stakeholder sehingga lebih banyak yang kita lakukan di dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat," ujar Kapolda NTT.

Saat ini merupakan musim penghujan, dimana hujan disertai dengan angin. "Ya, ini bisa menimbulkan bencana mulai dari yang skala kecil hingga skala besar mulai dari pohon tumbang di jalan, banjir kemudian tanah longsor dan sebagainya, ini kami siap untuk melakukan pertolongan, pencarian termasuk memberikan pelayanan pengobatan, trauma healing dan sebagainya," tambah Johni Asadoma.

Dikatakannya, peralatan yang dimiliki oleh Polda NTT dalam keadaan kondisi baik dan siap digunakan dalam menghadapi terjadinya gempa.

"Peralatan yang dimiliki baik itu Brimob, Samapta, Polairud, Lalu Lintas dan Dokkes semuanya dalam kondisi baik dan siap pakai dalam menghadapi berbagai kemungkinan terburuk sehubungan dengan musim penghujan ini," tambah Kapolda NTT.

Polda NTT juga menyiapkan personil untuk pelaksanaan trauma healing bagi korban bencana alam. Personil ini berasal dari Biro SDM Polda NTT guna memberikan bimbingan bagi korban bencana.

 

 

FOLLOW US