• Nusa Tenggara Timur

Bebas dari Sampah Plastik, SD Inpres Oebufu Wajibkan Siswa Bawa Tumbler dan Lunch Box Setiap Hari

Reli Hendrikus | Jum'at, 18/11/2022 16:20 WIB
 Bebas dari Sampah Plastik, SD Inpres Oebufu Wajibkan Siswa Bawa Tumbler dan Lunch Box Setiap Hari Wakil Kepala Sekolah SD Inpres Oebufu, Dyah Harsitowati-Hayon bersama para guru berpose bersama Tim Juri, Jumat (18/11/2022).

KATANTT.COM--Demi menjaga lingkungan sekolah bebas dari sampah plastik, Sekolah Dasar (SD) Inpres Oebufu menerapkan cara bagi semua siswa di wajibkan membawa tumbler (botol minuman) dan lunch box (kotak makan).

Hal ini merupakan kebijakan diambil oleh sekolah dalam rangka membudayakan siswa cinta lingkungan, sekaligus menjadi sekolah bebas dari sampah plastik.

Wakil Kepala Sekolah SD Inpres Oebufu , Dyah Harsitowati-Hayon yang ditemui di sekolah tersebut, Jumat (18/11/2022), menjelaskan kebijakan membiasakan siswa membawa tumbler dan lunch box adalah sebagai bagian dari gerakan cinta lingkungan untuk mendukung pengelolaan bebas dari sampah plastik.

"Bebas sampahplastik ini tidak hanya diberlakukan bagi siswa, tapi diberlakukan juga pada pemilik kantin yang berjualan diarea sekolah agar setiap.jajanan makan tidak boleh menggunakan plastik, tapi minimal menggunakan dibungkis menggunakan kertas nasi, dengan cara ini tidak memproduksi sampah plastik. Idealnya begitu," katanya.

Menurutnya, kebiasaan itu mulai terpola di sekolah. Hal ini sehingga anak-anak bisa memliki rasa peduli dan cinta lingkungan. Yang mana hal tersebut juga sudah dilaksanakan oleh para guru.

“Semua yang diterapkan dengan satu tujuan sesuai instruksi Penjabat Wali Kota Kupang agar Kota Kupang bebas sampah. Dalam menjaga lingkungan sekolah bersih setiap pagi dilakukan pembersihan sampah di lingkungan sekolah," katanya.

FOLLOW US