• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Minta Usut Tuntas Kebakaran KM Express Cantika 77

Imanuel Lodja | Selasa, 25/10/2022 18:07 WIB
Gubernur NTT Minta Usut Tuntas Kebakaran KM Express Cantika 77 Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengunjungi pasien korban KM Express Cantika 77 yang terbakar di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang, Selasa (25/10/2022).

KATANTT.COM--Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengunjungi pasien korban kapal cepat Cantika 77 yang terbakar di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang, Selasa (25/10/2022). Gubernur NTT Viktor Laiskodat bersama rombongan, membesuk para korban di RSUD WZ Johannes Kupang.

Satu per satu pasien yang di rawat dikunjungi Viktor, mulai dari ruang IGD hingga ruang isolasi. Orang nomor satu di NTT ini memberikan semangat dan sempat mengajak para korban untuk bercerita.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat meminta para dokter dan perawat di RSUD W. Z Yohannes, untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para korban.

Kehadiran Gubernur NTT, Viktor Laiskodat di RSUD ini selain memberikan semangat kepada para pasien, juga memastikan ketersediaan obat dan pelayanan kesehatan berjalan dengan lancar.

Ia menegaskan, seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi NTT. Ia meminta pihak terkait untuk melakukan investigasi terhadap kejadian ini.

Semua pihak yang mengijinkan kapal untuk berlayar baik dari segi kelayakan kapal, maupun lolosnya penumpang liar atau penumpang yang tidak masuk dalam manifes yang ikut dalam pelayaran itu, harus diperiksa.

"Saya minta untuk ini dapat ditindak lebih lanjut, melakukan pemeriksaan kepada semua pihak karena untuk berlayar harus dapatkan izin layak berlayar, itu semua kan harus diperiksa," tegasnya.

Viktor juga mendorong pihak terkait untuk melakukan investigasi mendalam terkait kejadian ini. Harus dilakukan pemeriksaan terhadap manifes penumpang, karena kelihatan kapal mengangkut tiga kali lipat dari yang seharusnya.

"Bagaimana penumpang yang itu yang dimana manifest sekian tapi sampai dua tiga kali lipat dari manifest. Karena itu mau menghindari pajak saja menjadi masalah, nanti dipanggil, diperiksa dan diproses sehingga kedepan tidak lagi terjadi seperti ini," kata Viktor Laiskodat.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT), akan membentuk tim khusus untuk mengusut kebakaran kapal cepat Cantika 77 yang mengakibatkan 14 penumpang meninggal dunia.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma mengatakan, pihaknya mengerahkan tiga kapal untuk membantu tim SAR melakukan pencarian. Selain itu, dia membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi. "Kami membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terhadap sebab-sebab kebakaran," ujarnya.

Tim khusus yang dibentuk dari Direktorat Polair (Ditpolair) dan Direktorat Kriminali Umum (Dirkrimum) Polda NTT.
Tim khusus yang dibentuk akan mengusut hal-hal yang berhubungan dengan kejadian ini.

"Tim akan melakukan penyelidikan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan dan penyebab kebakaran. Ini semua akan diselidiki tim khusus, memang data masih simpang siur tapi data yang kami pegang sampai hari ini," ujarnya.

FOLLOW US