• Nusa Tenggara Timur

Ikut dalam Pelayaran KM Express Cantika 77 yang Terbakar, 6 Polisi Dilaporkan Selamat

Imanuel Lodja | Selasa, 25/10/2022 08:05 WIB
Ikut dalam Pelayaran KM Express Cantika 77 yang Terbakar, 6 Polisi Dilaporkan Selamat Salah satu penumpang KM Express Cantika yang selamat dalam musibah kebakaran saat pelayaran dari Kupang ke Alor, Senin (24/10/2022).

KATANTT.COM--Enam anggota Polri ikut serta dalam pelayaran dengan Kapal Motor (KM) Express Cantika 77, Senin (24/10/2022). Ke-6 anggota Polri ini terdiri dari 2 orang anggota Dit Intelkam Polda NTT dan 4 orang anggota Polres Alor.

Kapal yang mereka tumpangi mengalami kebakaran di perairan Naikliu, Kecamatan amfoang Utara, Kabupaten Kupang. Enam anggota polisi ini dilaporkan selamat. Beberapa anggota sempat hilang namun ditemukan selamat pada Senin malam.

"Anggota Intel Polda NTT 2 orang dan anggota Polres Alor 4 orang. Semua selamat," tandas Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, Senin (24/10/2022) malam.

Data dari Basarnas Kupang menyebutkan kalau tercatat penumpang diatas kapal sebanyak 240 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 226 orang dan korban meninggal dunia sebanyak 14 orang.

Para korban dievakuasi ke Kupang dengan beberapa kapal untuk visum dan diserahkan ke keluarga. Kecelakaan laut berupa kebakaran Kapal tersebut terjadi pada Senin (24/10/2022) siang pukul 13.00 Wita di 9•27’43.5”S 123•46’20.90 E sekitar perairan Laut Naikliu Kabupaten Kupang.

Kapal dinahkodai Kapten Edwin Pareda yang membawa 177 Orang terdiri dari penumpang 167 Orang, ABK 10 Orang serta 1 jenazah anak kecil tujuan Kupang - Kalabahi, Kabupaten Alor.

Belakangan diketahui ada penumpang yang tidak terdata dalam manifest pelayaran. Pukul 11.50 wita KM Express Cantika 77 yang dinahkodai Kapten Edwin Pareda bertolak dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju Kalabahi Kabupaten Alor dengan membawa 167 orang penumpang serta 10 orang ABK.

Pada pukul 13.00 wita KM Express Cantika 77 pada posisi 9•27’43.5”S 123•46’20.90E sekitar Perairan Laut Naikliu Kabupaten Kupang mengalami kebakaran dengan sumber api berasal dari mesin bagian belakang kapal.

Nahkoda kapal bersama ABK menginformasikan kejadian tersebut kepada para penumpang untuk segera mengunakan pelampung yang telah tersedia di masing-masing dek kapal dalam rangka antisipasi pertolongan pertama.

Nahkoda kapal Kapten Edwin Pareda melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas Kupang untuk mendapatkan pertolongan evakuasi para penumpang.

Kapal Basarnas KN. Antareja, RIB 10 Basarnas, KM Cantika 9E, Seareder Lantamal VII, Personil Stasiun Bakamla Kupang Kapten Bakamla Yeanry Olang, Sertu Bakamla Dwi Santosa dan Jopi Menoh ke titik lokasi kejadian di sekitar perairan Laut Timor (Naikliu Kabupaten Kupang.

Basarnas Kupang tiba di lokasi kejadian dan melaksanakan evakuasi para penumpang dan ABK KM Bahari Exprres 3 c juga berangkat menuju lokasi kejadian membantu proses evakuasi para penumpang.

Disusul KM Bahari Exprres 1.F berangkat menuju lokasi kejadian dalam rangka membantu proses evakuasi para penumpang. Kapal pun hangus terbakar beserta barang-barang penumpang juga hangus terbakar.

Diperoleh informasi kalau KM Express Cantika 77 mengalami kebakaran dengan sumber apa dari ruang mesin bagian belakang. Penyebab kebakaran masih dalam proses identifikasi dari pihak berwajib.

FOLLOW US