• Nusa Tenggara Timur

Taman Wisata dan Kuliner Pantai Kelapa Lima Harus Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Semy Andy Pah | Rabu, 12/10/2022 08:45 WIB
Taman Wisata dan Kuliner Pantai Kelapa Lima Harus Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh saat Launching Taman Wisata dan Kuliner Pantai Kelapa Lima, Selasa (11/10/2022).

KATANTT.COM--Kehadiran Taman Wisata dan Kuliner Pantai Kelapa Lima harus bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Kupang dan pendapatan asli daerah Pemerintah Kota Kupang.

"Saya berharap kehadiran Taman Wisata dan Kuliner Pantai Kelapa Lima ini meningkatkan tumbuhnya ekonomi masyarakat Kota Kupang. Untuk itu, kita harus hidupkan Kota Kupang selama 24 jam kalau aktivitasnya sudah berjalan 24 jam maka pertumbuhan ekonomi akan berkembang dengan cepat," kata Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh saat Launching Taman Wisata dan Kuliner Pantai Kelapa Lima, Selasa (11/10/2022).

George Hadjoh mengaku akan meminta manajemen Hotel Aston Kupang bisa terlibat dalam pemanfaatan tempat ini, agar tetap ramai dikunjungi para wisatawan asing dan lokal demi meningkatkan pendapatan ekonomi.

Menurut George, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono ketika berkunjung ke NTT beberapa waktu merasa sangat kecewa karena tempat tersebut sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo namun hingga saat ini belum dimanfaatkan.

Ia menambahkan dengan alasan belum dimanfaatkan tempat kuliner itu karena ada berbagai pertimbangan, nanri di dalam perjalanan pasti ada kekurangan itu akan menjadi evaluasi kita untuk membenahinya.

Jika hal itu dijalankan maka anggaran sebesar Rp 79,9 miliar dari APBN akan bermanfaat bagi warga Kota Kupang, agar semua tempat kuliner akan diaktifkan untuk memberikan nilai tambah dan menghasilkan pendapatan-pendapatan asli daerah yang dapat mendorong peningkatkan pendapatan masyarakat Kota Kupang.

"Pemerintah pun menyadari bahwa untuk mencapai itu semua kita tidak bisa kerja parsial tapi harus berkolaborasi dengan melibatkan semua perbankan yang ada di Kota Kupang ini," ujarnya.

Selain itu kata dia, tempat itu juga sangat cocok untuk digelar kegiatan atau even baik seni, budaya dan lain sebagainya. Dan dalam kesempatan itu dirinya meminta anggota DPRD Kota Kupang, Zyeto Ratuarat menggelar even-even seni dengan mendatangkan artis-artis untuk menghidupkan tempat tersebut.

Lebih lanjut kata dia, untuk mengamankan aset-aset umum yang ada, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Forkompinda baik itu Kapolres Kupang Kota, Dandim, Kajari dan semua elemen yang terkait didalamnya.

Selain itu kita mengharapkan tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar menjaga aset-aset yang sudah dibangun baik itu oleh pemerintah pusat, provinsi maupun Kota Kupang sendiri,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu dirinya mengucapkan limpah terima kasih kepada Kementerian PUPR yang memberikan support sehingga tempat tersebut menjadi kebanggaan masyarakat Kota Kupang baik di Kelapa Lima maupun LLBK.

Sementara itu Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) I NTT, Roy Marthen mengatakan bahwa, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun tiga segmen pembangunan infrastruktur yakni Kuliner Kelapa Lima, LLBK dan Frans Seda dengan waktu pelaksanaan multi years yang dilaksanakan pada tahun 2020 hingga 2021 dengan total anggaran sebesar Rp 79,9 miliar.

"Ini adalah suatu kebanggaan bagi kami karena telah membangun aset dari Kementerian PUPR dan bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Kupang. Kami mengucapkan limpah terima kasih kepada pak Penjabat Kota Kupang bersama jajarannya atas kerja kerasnya,” papar Roy.

Untuk tanaman yang mati akan kita diganti dalam Minggu inj sesuai instruksi pak Menteri PUPR,”tambahnya.

Selain itu kata dia, ada penambahan tempat sampah di tiap-tiap pir sehingga para pedagang yang melaksanakan aktivitas bisa membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

Semoga aset-aset yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kota Kupang.

Selain itu juga Anggota DPRD Kota Kupang, Zyeto Ratuarat sangat  mendukung sekali Pemerintah Kota Kupang dengan melaunching Taman Wisata dan Kuliner Kelapa Lima dan LLBK agar masyarakat bisa memanfaatkan tempat itu untuk berjualan.

"Pada prinsipnya kita sebagai anggota DPRD Kota Kupang sangat mendukung langkah yang dilakukan pemerintah. Dengan dilaunchingnya tempat itu maka perputaran ekonomi masyarakat akan berjalan dengan baik dan kesejahteraan mereka bisa terpenuhi, saya berharap agar masyarakat Kota Kupang bisa menjaga temapt dalam keadaan baik juga tetap menjaga kebersihan ditempat ini supaya tempat bersih indah dan rapi," pungkasnya.

FOLLOW US