• Nusa Tenggara Timur

Perahu Motor Pengangkut Tim Vaksinator ke Pulau Salura di Sumba Timur Tenggelam

Imanuel Lodja | Sabtu, 24/09/2022 21:13 WIB
Perahu Motor Pengangkut Tim Vaksinator ke Pulau Salura di Sumba Timur Tenggelam Tim Vaksinator dari Puskesmas Nggongi yang selamat berhasil ditolong Kapolsek Karera, AKP Gusti Ngurah Bambang Ariawan bersama anggota saat perahu motor yang ditumpangi ke Pulau Salura tenggelam, Sabtu (24/9/2022).

KATANTT.COM--Sebuah perahu motor yang dipakai mengangkut tim vaksinator tenggelam, Sabtu (24/9/2022). Perahu motor berlayar dari Katundu menuju Pulau Salura, Kabupaten Sumba Timur. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan laut ini.

Tim vaksinator berasal dari Puskesmas Nggongi bersama Polsek Karera dibawah pimpinan Kapolsek Karera AKP Gusti Ngurah Bambang Ariawan.

Perahu motor yang ditumpangi oleh tim vaksinator ini terbalik dan tenggelam. Sementara Kapolsek Karera AKP Gusti Ngurah Bambang Ariawan bersama anggota Polsek Karera Aiptu Abubakar Sola Masriki, Aipda Slamet Haryadi, Aipda Arifin Mosa Mbonga sementara menunggu perahu motor yang lain untuk menuju ke Pulau Salura.

Tim bertujuan untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Desa Salura, Pulau Salura, Kabupaten Sumba Timur.

Saat itu tim vaksinator Covid-19 bersama Kapolsek Karera AKP Gusti Ngurah Bambang Ariawan sedang menunggu penjemputan dari pulau Salura dengan perahu motor milik masyarakat yang bobotnya lebih besar.

Saat menunggu kedatangan perahu motor yang menjemput, tiba-tiba ada perahu motor kecil dengn kapasitas 1,5 ton datang untuk menjemput tim vaksinator. Perahu motor ini dikemudikan oleh Ayun alias Bapa Ifa.

Anggota tim pun naik ke perahu motor tersebut. Ada 8 orang penumpang di perahu motor itu yakni anggota Bhabinsa 1606, staf Bank NTT dan pemilik perahu motor.

Sedangkan Kapolsek Karera, AKP Gusti Ngurah Bambang Ariawan bersama anggota masih menunggu perahu motor yang lain. Selanjutnya perahu motor yang ditumpangi anggota tim vaksinator bertolak menuju Pulau Salura.

Tidak berselang berapa lama kemudian sekitar jarak 1 kilometer dari bibir pantai, tiba-tiba perahu motor tersebut terbalik dan tenggelam. Diduga sayap perahu motor tersebut tersangkut dengan tali jangkar sehingga sayap perahu motor patah.

Mengetahui peristiwa tersebut, Kapolsek Karera AKP Gusti Ngurah Bambang Ariawan bersama Kepala desa pulau Salura membantu untuk menyelamatkan perahu motor yang terbalik dengan menggunakan perahu motor masyarakat yang saat itu sementara parkir di pantai. Seluruh penumpang perahu motor dapat diselamatkan.

Hanya ada kerugian material yakni obat vaksin Covid-19 dan obat-obatan yang lain, 10 buah handphone, satu unit perahu motor, satu buah mesin ketinting, satu buah mesin tempel mark yanmar, 1 pis pukat cumi dan jangkar bersama tali nilon.

"Diperkirakan total kerugian keseluruhan mencapai Rp 35.000.000," ujar Kapolsek Karera AKP Gusti Ngurah Bambang Ariawan yang dikonfirmasi, Sabtu (24/9/2022).

FOLLOW US