• Nusa Tenggara Timur

Wali Kota Darwin Setujui Kerjasama Dengan Kupang, November Teken Perjanjian

Imanuel Lodja | Jum'at, 23/09/2022 20:44 WIB
Wali Kota Darwin Setujui Kerjasama Dengan Kupang, November Teken Perjanjian Bobby Lianto

KATANTT.COM--Wali Kota Darwin menyetujui kerjasama dengan Kota Kupang, yang dimulai dengan Friendship City selama dua tahun ke depan, dan akan dilanjutkan dengan Sister City. Usulan kerjasama ini diinisiasi oleh Kadin NTT, saat melakukan roadshow beberapa waktu lalu.

Persetujuan ini dituangkan melalui surat dari Lord Mayor tertanggal 16 September 2022, yang diterima dari Konsulat Republik Indonesia Darwin. Penandatanganan kerjasama akan dilakukan pada bulan November 2022 mendatang.

Ketua Kadin NTT, Bobby Lianto mengatakan, pemerintah kota Darwin menyambut baik dan mendukung rencana kerjasama itu. Namun harus diawali dengan kerjasama kemitraan strategis (strategic partnership arrangement).

"Darwin yang selama ini telah dijadikan acuan dalam penjajakan kerja sama sister city dengan kota-kota lain di negara lain, termasuk dengan kota Denpasar. Hal ini sejalan dengan International Relation and Sister City Policy Pemerintah Kota," jelasnya, Jumat (23/9/2022).

Menurut Bobby, pemerintah kota Darwin akan melakukan asesmen terkait kemungkinan pembentukan friendship city relationship, antara kota Darwin dan kota Kupang.

"Secara khusus ditekankan pentingnya kedua kota menjadikan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), sebagai acuan dalam membangun kerja sama ke depan," kata Bobby.

KetuaKadin NTT, Bobby Lianto mengatakan, tahun 2023 mendatang penerbangan langsung Kupang-Darwin dan sebaliknya akan segera direalisasikan, setelah Walikota Darwin menyetujui kerjasama dengan Kota Kupang.

"Tahun depan di bulan April sudah ada penerbangan langsung Kupang - Darwin yang beroperasi dua sampai tiga kali per mi

FOLLOW US