• Nusa Tenggara Timur

Mikrolet Terbakar di Kupang, Belasan Penumpang dan Anak Sekolah Selamat

Imanuel Lodja | Senin, 15/08/2022 17:18 WIB
Mikrolet Terbakar di Kupang, Belasan Penumpang dan Anak Sekolah Selamat Anggota Polres Kupang mengatur arus lalu lintas saat mikrolet Syalom terbakar di jalan Timor Raya, Senin (15/8/2022).

KATANTT.COM--Sebuah mikrolet terbakar di Jalan Timor Raya Kilometer 19, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (15/8/2022) petang. Mikrolet Syalom jenis Suzuki futura nomor polisi DH1042 BD milik Eliaser Ndoki ini dikemudikan oleh Jun alias Naga (28).

Mikrolet terbakar saat mengangkut belasan penumpang yang sebagian besar adalah anak sekolah. Seluruh bagian mikrolet terbakar dan hanya tersisa rangka saja.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini karena sekitar 15 orang penumpang yang didominasi oleh anak sekolah langsung menyelamatkan diri saat melihat percikan api.

Begitu pula dengan sopir dan kondektur berhasil menyelamatkan diri dan turun saat melihat asap sudah mengepul pada bagian bangku belakang mikrolet tersebut. Namun taksasi kerugian akibat kebakaran ini mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, SIK, MH, yang dikonfirmasi Senin (15/8/2022) petang membenarkan terjadi kecelakaan lalu lintas berupa terbakarnya satu unit mobil mikrolet dan tidak ada korban jiwa ini.

"Benar, ada kecelakaan mobil mikrolet angkutan umum tadi. Tidak ada korban jiwa. Namun hanya ada kerugian materiil," ujarnya.

Para penumpang dan pengemudi serta kondekturnya juga selamat. Kecelakaan tersebut bermula saat mikrolet berwarna biru dengan tulisan "Syalom" nomor polisi DH 1042 BD bergerak dari arah Kupang menuju Oesao, Kabupaten Kupang.

Saat tiba di Jalan Timor Raya, kilometer 18, Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, mikrolet tersebut mulai mengeluarkan asap disertai titik api dari bagian belakang kursi penumpang.

Sopir mikrolet tersebut menghentikan laju kendaraan. Para penumpang mulai turun satu per satu termasuk sopir dan kondektur untuk menyelamatkan diri.

Tak lama kemudian api mulai membesar dan melalap semua bagian dalam mobil dan merambat ke dinding luar hingga seluruh bagian mobil terbakar. Aparat keamanan Polres Kupang dan Polsek Kupang tengah pun ke lokasi kejadian.

Personil Polres Kupang yang melaksanakan piket jaga mako bersama Kasat Lantas Polres Kupang AKP Nyimas Sophia, SIK, Kasat Samapta Polres Kupang AKP Ivans Drajat, SIK serta Kasat Reskrim Polres Kupang Iptu Lufthi D. Aditya, STK SIK MH dan Kapolsek Kupang Tengah Iptu Elpidus Kono Feka, S.Sos mendatangi lokasi kejadian dan berusaha untuk memadamkan api dengan pemadam kebakaran yang dibawa.

Namun api terus membesar dan menghabisi seluruh bagian mobil hingga tersisa rangka dan mesin.

Mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadan Kebakaran Kabupaten Kupang pun turun ke lokasi namun tidak bisa menyelamatkan mikrolet Syalom.

Insiden ini menyebabkan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Timor Raya sempat macet namun berhasil diurai oleh aparat Polres Kupang hingga bisa berjalan normal kembali.

Polisi kemudian mengevakuasi rangka kendaraan dan dibawa ke kantor Satlantas Polres Kupang.

FOLLOW US