• Nusa Tenggara Timur

34 Tahun Mengabdi, Iptu Sergius Nahak Akhiri Masa Tugas dengan Upacara Pedang Pora

Imanuel Lodja | Senin, 01/08/2022 13:16 WIB
34 Tahun Mengabdi, Iptu Sergius Nahak Akhiri Masa Tugas dengan Upacara Pedang Pora Upacara pedang pora saat pelepasan Iptu Purn Sergius Nahak Seran dan istri Marselina Sergius yang dipimpin langsung Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto di Mako Polres Kupang, Senin (1/8/2022).

KATANTT.COM--Hari ini, Senin (1/8/2022) menjadi hari paling bersejarah bagi perjalanan karier Iptu Sergius Nahak. Bagaimana tidak! Hari ini anggota Polres Kupang ini telah memasuki masa purna tugas.

Hanya saja, ada pemandangan yang berbeda dari masa purna tugas di lingkungan jajaran Polres Kupang ini.

Adalah Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto, SIK, MH, pun ikut melepas Iptu Sergius Nahak dengan upacara pedang pora.

Acara ini digelar khusus Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto, demi menghargai pengabdian anggotanya selama puluhan tahun.

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto memimpin langsung seremonial pedang pora pelepasan atau purna tugas, Iptu purnawirawan Sergius Nahak di halaman Mako Polres Kupang.

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, bersama seluruh personil Polres Kupang membentangkan karpet merah sepanjang jalan dari depan mako hingga gerbang utama Mako Polres.

Iptu Purn Sergius Nahak Seran pun pamitan secara resmi dihadapan Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto dan seluruh personil Polres Kupang.

“Hari ini saya memasuki masa purna tugas, 34 saya mengabdi pada lembaga Polri, banyak suka dan duka yang saya alami bersama Polri," tandasnya.

Sergius Nahak menghabiskan 25 tahun dari 34 tahun masa dinasnya di Polres Kupang. "Saya berterima kasih kepada Kapolres Kupang dan seluruh anggota dan kiranya segala salah dimaafkan," ujar Sergius Nahak.

Sambutan serta pamitan Iptu Sergius Nahak diamini Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto.

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto juga mengucapkan terimakasih atas pengabdian Iptu Sergius Nahak pada lembaga Polri dengan begitu baik, jauh dari catatan-catatan buruk yang dilakukan selama bertugas.

“ Happy Ending Iptu Purn Sergius. hari ini memasuki gerbang kemerdekaan, tidak ada lagi beban tugas sebagai anggota Polri,“ tambah Irwan Arianto.

“Kami mengucapkan terimakasih atas pengabdian yang diberikan selama bertugas sebagai personil Polri, tidak ada catatan buruk dan hal-hal lain yang menodai instansi Polri, selamat memasuki masa pensiun,” sambung Irwan Arinato.

Seusai sambutan, Iptu Purn Sergius Nahak Seran dan Marselina Sergius (isteri Iptu Purn Sergius Nahak) dikalungi selendang dan diberikan karangan bunga oleh Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto, dan perwakilan Bhayangkari Polres Kupang.

Pelepasan dilanjutkan dengan memasuki gerbang pora yang dibentuk dalam formasi barisan para Perwira Polres Kupang dipimpim Kasat Samapta Polres Kupang AKP Ivans Drajat, SIK menuju barisan para bintara, bhayangkari serta ASN Polres Kupang yang sudah berbaris berhadap-hadapan sepanjang karpet merah.

Iptu Sergius kemudian menuju mobil penghantar yang sudah menanti di depan gerbang Markas Komando Kepolisian Resor Kupang.

Sebelum masuk ke dalam mobil penghantar, Kapolres Kupang memberikan salam serta foto bersama. Seremonial ini berakhir setelah mobil penghantar bergerak menuju kediaman Iptu Purn Sergius di Kelurahan Liliba, Kecamatan Kota Kupang.

FOLLOW US