• Nusa Tenggara Timur

Wakapolda NTT Pantau Ribuan Casis Bintara Ikut Tes Psikologi

Imanuel Lodja | Jum'at, 13/05/2022 07:10 WIB
Wakapolda NTT Pantau Ribuan Casis Bintara Ikut Tes Psikologi Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto memantau pelaksanaan tes psikologi calon Bintara Polri di SMKN 3 Kupang dan diterima Kabag Psiko Biro SDM Polda NTT, Kompol Dwi Chrismawan, Kabag Dalpers, AKBP Sajimin dan Kasubbag Diapers, Kompol Andry Setiawan.

KATANTT.COM--Di tengah kesibukan dan padatnya kegiatan dinas, Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto mendatangi lokasi pelaksanaan tes psikologi bintara Polri TA 2022, Kamis (12/5/2022) petang.

Jenderal polisi bintang satu ini memantau ribuan calon siswa (casis) bintara Polri yang selama dua hari ini mengikuti tes psikologi.

Wakapolda datang seorang diri di SMKN 3 Kupang diterima Kabag Psiko Biro SDM Polda NTT, Kompol Dwi Chrismawan, Kabag Dalpers, AKBP Sajimin, SIK dan Kasubbag Diapers, Kompol Andry Setiawan, SH, SIK.

Wakapolda memantau suasana pelaksanaan tes dan berdialog dengan sejumlah peserta terkait kesiapan peserta mengikuti proses tes psikologi.

"Apa motivasi mu menjadi anggota Polri?. Jadi anggota polisi itu berat karena harus siaga 1x24 jam," tanya Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto kepada Andreas Lamawuran, salah satu peserta tes.

Andreas pun menjawab kalau sejak kecil ia memiliki cita-cita menjadi anggota polisi sehingga sudah melakukan berbagai persiapan.

"Orang tua saya di Flores dan saya ingin membahagiakan orang tua saya dengan menjadi polisi," tandasnya.

Kepada peserta lain, mantan Ka Sespimma Lemdik Polri ini menanyakan persiapan fisik dan pengetahuan mengikuti tes.

Wakapolda pun berpesan agar peserta mengikuti proses seleksi dengan baik dan percaya pada kemampuan diri sendiri serta harus banyak belajar dan berlatih.

Sejumlah motivasi dan nasehat diberikan Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto kepada peserta dan panitia penerimaan.

Proses tes psikologi dilakukan dengan sistem CAT dan pola one day one service. Hasil tes langsung diketahui peserta dengan sistem komputerisasi.

Di hari I tes psikologi, Kamis 12 Mei 2022 diikuti 1.200 peserta terdiri dari peserta pria 1.008 orang dan wanita 192 orang.

Pelaksanaan tes dilakukan dalam dua sesi. Sesi I dimulai pukul 06.00 wita diikuti 600 peserta terdiri dari peserta pria 517 orang dan peserta wanita 83 orang.

Sesi II dimulai pukul 13.00 wita diikuti 600 peserta terdiri dari 491 peserta pria dan wanita sebanyak 109 orang.

Para peserta tes tersebar di 8 lokasi ujian masing-masing SMPN 3 Kota Kupang di dua laboratorium dan satu laboratorium di SMPN 8 Kota Kupang.

Selain itu 5 laboratorium di SMKN 2 Kupang, 2 laboratorium di SMA Katolik Giovani Kupang, 7 laboratorium di SMKN 1 Kupang, 4 laboratorium di SMKN 3 Kupang, 2 laboratorium di SMKN 4 Kupang dan 3 laboratorium di SMA negeri 3 Kota Kupang.

Tes psikologi meliputi pass hand A2, kepribadian, kecerdasan dan kecermatan.

Sebelumnya Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, SST, MK, SH, MM, juga memantau dan mengawasi tes psikologi di setiap sekolah.

Hal yang sama juga dilakukan Kabid Propam Polda NTT Kombes Pol Dr Drs Dominicus Savio Yempormase, MH.

Rangkaian tes ini diawasi pengawas internal dari Itwasda dan Bid Propam Polda NTT serta pengawas eksternal dari Himpunan Sarjana Psikologi Indonesia (HIMPSI) NTT serta Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang.

FOLLOW US