• Nusa Tenggara Timur

Rumah Seorang Warga di Kupang Ludes Terbakar

Imanuel Lodja | Selasa, 08/02/2022 16:20 WIB
Rumah Seorang Warga di Kupang Ludes Terbakar Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang saat memadamkan api yang menghanguskan rumah Fredrik Lulu Jalan Gunung Fatuleu, Gang Ranaka, RT 02/RW 01, Kelurahan Merdeka.

KATANTT.COM--Rumah semi permanen milik Frederik Lulu (45) yang terletak di Jalan Gunung Fatuleu, Gang Ranaka, RT 02/RW 01, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang terbakar, Selasa (8/2/2022).

Pemilik rumah selama ini tinggal di Desa Bismarak, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang. Sementara rumah ini ditempati Albinus Benyamin Pallo (48), seorang PNS bersama istrinya Jumida Megawati Udju (41), anak dan kerabat yang lain.

Di rumah tersebut juga tinggal anak dan cucu serta adik kandung Jumida Megawati Udju, Yakob Morids Udju alias Yapi yang juga merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Mereka sudah dua tahun menempati rumah yang terletak di belakang SMPN 2 Kota Kupang ini.

Cantika Loak Pallo (menantu dari Jumida) mengaku kalau awalnya ia hendak ke kamar mandi. Saat ia melewati kamar milik Yapi, ia melihat ada percikan api yang keluar dari dalam kamar.

Cantika kemudian langsung memberitahukan kepada Jumida bahwa ada api yang keluar dari dalam kamar Yapi.

Ia pun meminta bantuan para tetangga untuk membantu memadamkan api yang mulai merambat ke bagian rumah yang lain.

Sementara Jumida Megawati Udju yang saat itu sedang berada di dalam kamar kaget saat diberitahukan oleh Cantika bahwa ada api yang keluar dari dalam kamar milik Yapi.

Jumida pun keluar dari kamar dan melihat. ternyata benar api sudah mulai membesar sehingga Jumida langsung berteriak minta tolong serta menelpon suaminya Albenus Benyamin Pallo yang sementara sedang berada di kantor Dinsos.

Juniar Nisal Ernesto Pallo (20), anak dari penghuni rumah dan suami dari Cantika mengaku kalau saat itu istrinya Cantika hendak ke kamar mandi dan melihat asap dari dalam kamar milik Yapi yang dalam posisi terkunci dari luar.

Lalu Cantika meminta bantuan Juniar yang berada di sebelah kamar Yapi sehingga Juniar keluar dan langsung menendang pintu yang dalam keadaan terkunci dari luar.

Namun saat itu api mulai membesar dan merambat ke sisi lain rumah sehingga Juniar langsung meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api.

Sayang, upaya pemadaman tidak berhasil karena api semakin membesar dan merambat ke sisi bagian rumah lainnya. Sedangkan Dodi Ndaong (37) yang juga tetangga korban mengaku kalau saat kejadian sedang duduk di rumah.

Ia kaget melihat asap tebal keluar dari atap rumah korban sehingga ia berteriak minta tolong sehingga warga berdatangan.

Aparat Polsek Kelapa Lima dipimpin Kapolsek Kelapa Lima, Kompol Sepuh Siregar segera ke lokasi kebakaran rumah di Jalan Gunung Fatuleu, gang Ranaka, RT 02/RW 01, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang.

Polisi bersama mobil dari Dinas Pemadam ebakaran Kota Kupang langsung terjun ke lokasi kejadian menggunakan 2 unit mobil rescue pemadam kebakaran dan 2 unit tangki cadangan air pemadam kebakaran dan langsung melakukan pemadaman api.

Petugas PLN cabang Kupang pun tiba di lokasi kebakaran dan langsung melakukan pemutusan arus listrik.

Satu jam kemudian api berhasil dipadamkan dan petugas dari unit Identifikasi Satuan Reskrim Polres Kupang Kota juga ke lokasi melakukan olah TKP dan identifikasi.

Diperoleh informasi bahwa rumah yang terbakar merupakan milik Frederik Lulu yang saat ini tinggal di Bismarak Kabupaten Kupang.

Saat ini rumah korban tersebut ditinggal dan dijaga sudah hampir 2 tahun oleh saudara sepupunya Jumida Megawati Udju beserta suami, anak dan cucu serta adik kandung dari Jumida yakni Yapi.

Menurut keterangan Jumida kalau pada Senin (7/2/2022) petang sekitar pukul 17.30 wita, bahwa Yapi sempat membakar sendiri kasurnya yang berada di dalam kamar namun diketahui dan dilihat oleh Jumida sehingga cepat diatasi.

Yapi diketahui sedang mengalami stres/ODGJ dan pada saat kejadian yang bersangkutan sedang tidak berada di dalam kamar.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan penyebab dari kebakaran rumah tersebut, namun diduga penyebab kebakaran berawal dari dalam kamar milik Yapi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun terdapat kerugian materil yang saat ini belum bisa dipastikan besaran kerugian tersebut.

FOLLOW US