• Nusa Tenggara Timur

Tanah Longsor dan Banjir Kiriman Sebabkan Ruas Jalan di Pulau Sumba Terputus

Imanuel Lodja | Selasa, 28/12/2021 07:48 WIB
Tanah Longsor dan Banjir Kiriman Sebabkan Ruas Jalan di Pulau Sumba Terputus Salah satu lokasi longsor yang menutupi badan jalan di ruas jalan Trans Sumba yang melumpuhkan arus transportasi dari Waingapu ibukota Kabupaten Sumba Timur ke Waikabubak ibukota Kabupaten Sumba Barat.

katantt.com--Bencana alam berupa tanah longsor, pohon tumbang dan banjir kiriman terjadi di Pulau Sumba, NTT, Senin (27/12/2021).

Kondisi ini menyebabkan jalur Trans Sumba dari Waingapu ibukota Kabupaten Sumba Timur ke Waikabubak ibukota Kabupaten Sumba Barat) terputus serta beberapa rumah milik warga terendam banjir.

Bencana alam ini terjadi sekitar pukul 16.00 wita, di sekitar Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Selain terjadi tanah longsor, pohon tumbang dan banjir kiriman yang menyebabkan jalur Lintas Waingapu-Waikabubak terputus, juga beberapa rumah milik warga terendam banjir.

Pohon tumbang dan tanah longsor terjadi di kawasan hutan lindung Tanadaru, Desa Mbilur Pangadu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Sedangkan lokasi terjadinya banjir kiriman bertempat di dua lokasi yakni lokasi jembatan Lendiwacu, jalur lintas Waingapu-Waikabubak, Desa Praikaroku Jangga, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

100%

Lokasi berikutnya di jembatan Langgaliru, jalur lintas Waingapu-Waikabubak, Desa Padiratana, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Sejumlah rumah warga terendam banjir dan terdampak banjir yakni milik Markus Nono Buka (58), I Gusti Nyoman Sudarman (57), Selef E Katu (62), Simon Jono (37) dan Farida Doko (45), di Lendiwacu, Desa Praikaroku Jangga, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Pasca kejadian ini, material tanah longsor dan pohon yang menutupi jalan raya lintas Waingapu-Waikabubak telah dilakukan pembersihan oleh staf PT Mitra Waikabubak dibantu oleh Personil Gabungan Polres Sumba Barat dan Polsek Umbu Ratu Nggay.

Warga yang terdampak banjir maupun yang tidak terdampak namun yang berada di sepanjang jalur kali Lendiwacu dan Langgaliru, telah dihimbau oleh personil Polsek Umbu Ratu Nggay agar mengungsi ke lokasi yang lebih aman, guna mangantisipasi banjir kiriman susulan.

Kapolres Sumba Barat, AKBP FX Irwan Arianto, SIK langsung ke lokasi kejadian meninjau lokasi yang berdampak banjir dan tanah longsor.

FOLLOW US