• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Sebut Perempuan Kunci dalam Membangun Negara Maju

Semy Andy Pah | Minggu, 28/11/2021 19:07 WIB
Gubernur NTT Sebut Perempuan Kunci dalam Membangun Negara Maju Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat membuka Konsultasi Nasional (Konas) Perempuan GMKI bertajuk Perempuan Bermartabat- Inspirasi Masa Depan, di Gedung MPL Hapu Mbay, Sumba Timur

katantt.com--Untuk mendesain menuju suatu negara maju, kuncinya ada pada perempuan dan sumber daya manusia yang harus dibangun bersama. Karena perempuan lebih tahu mendidik, merawat dan mempersiapkan generasi penerus bangsa yang baik dan cerdas.

"Untuk mendesain menuju negara maju, kita harus membangun sumber daya manusia dan kuncinya ada di perempuan," kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat membuka Konsultasi Nasional (Konas) Perempuan GMKI bertajuk " Perempuan Bermartabat- Inspirasi Masa Depan, di Gedung MPL Hapu Mbay, Sumba Timur, Jumat (26/11/2021).

Menurut Viktor, pentingnya partisipasi perempuan dalam membangun generasi bangsa melalui pendidikan informal anak dalam lingkungan keluarga serta peningkatan ekonomi nasional melalui industri rumahan.

"Sebagai kepala daerah, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada adinda Jefri Gultom. Sebuah kebanggaan karena GMKI fokus terhadap persoalan perempuan dan anak," kata Viktor Laiskodat.

Lanjut Viktor Laiskodat, Untuk mendesain menuju negara maju, kita harus membangun sumber daya manusia dan kuncinya ada di perempuan.

“Mereka lebih tahu, mendidik, merawat dan mempersiapkan generasi penerus yang cerdas,
Gubernur VBL juga menyampaikan terima kasih kepada GMKI yang telah memilih Kabupaten Sumba Timur sebagai tempat pelaksanaan Konas Perempuan GMKI.

Viktor meminta GMKI agar berani keluar dari zona nyaman dan mampu memberikan pengaruh dan teladan kepada anak muda.

Perempuan GMKI harus berpendidikan, punya daya saing dan membangun daerahnya sesuai dengan local wisdom resources.

Tak lupa, orang nomor satu di NTT ini mengajak seluruh peserta Konas Perempuan GMKI untuk berkeliling melihat keindahan Pulau Sumba .

Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI, Jefri Edi Irawan Gultom menyatakan terima kasih dan hormat kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang sudah meluangkan waktu untuk hadir bersama peserta Konas Perempuan di Waingapu , Kabupaten Sumba Timur.

Jefri Gultom menegaskan mengenai isu kesetaraan gender, bahwa isu kekerasan terhadap perempuan bukan saja jumlah kasusnya yang terus meningkat namun juga eksplenasi yang dilakukan korban tidak manusiawi dan meremehkan perempuan itu sendiri.

Menurut Jefri , jumlah perempuan di Indonesia yang mencapai 133,54 juta orang ini merupakan jumlah yang luar biasa dan menjadi kekuatan besar dalam membangun peradaban manusia menuju Indonesia Emas 2045.

Tujuan Konas Perempuan kata Jefri, dalam rangka memperjuangkan hak pemenuhan dan kesetaraan perempuan serta menyusun rekomendasi terkait persoalan kekerasan perempuan yang akan disampaikan langsung kepada Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Turut hadir Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Kesehatan, dr. Stef Bria, Bupati Belu, Agustinus Taolin, Bupati Sumba Timur, Kristofel Praing, Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq, Ketua Umum Panitia Konas Perempuan, Melyati Simanjuntak dan Perwakilan Pemerintah Daerah se daratan Sumba beserta Lembaga, Komunitas Pemerhati Perempuan se daratan Sumba serta 160 orang peserta dari Perwakilan 53 cabang GMKI se- Indonesia dan undangan lainnya. (sp/biroadpim/setdantt)

FOLLOW US