• Nusa Tenggara Timur

Realisasi Kartu Identitas Anak di Kota Kupang Lampaui Target

Semy Andy Pah | Jum'at, 15/10/2021 21:31 WIB
Realisasi Kartu Identitas Anak di Kota Kupang Lampaui Target Angela Tamo Inya

katantt.com--Realisasi Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Kupang sudah mencapai 32 Persen dari target nasional sebesar 30 persen pada Tahun 2021.

Upaya kerja sama lintas sektor yang dibangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, memberikan kemudahan dalam pencapaian target itu.

Pelaksana Tugas (plt) Dukcapil Kota Kupang Angela Tamo Inya siang tadi dd temui diknatornya, Jumat (15/10/21) Iq bahwa mengatakan, dalam mencapai target itu, pihaknya membangun komunikasi dengan sekolah-sekolah dan rumah sakit di Kota Kupang.

"Berkat semua pihak, kami bisa melampaui target secara nasional. Kami lakukan sistem jemput boleh dengan turun langsung ke rumah sakit dan sekolah-sekolah,upaya-upaya percepatan seperti ini terus kami lakukan," katanya.

KIA merupakan tanda kependudukan bagi anak yang berumur 0-16 tahun. Kota Kupang sudah menjangkau 38,774 anak atau 32 persen dari target 118. 954 anak.

Dukcapil terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. KIA memiliki kegunaan yang sama dengan KTP. Menurut Permendagri nomor 2 tahun 2016, KIA memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan dan transportasi.

"Muda-mudahan dengan berbagai upaya yang telah dan sedang dilakukan ini, diakhir 2021, cakupan kepemilikan identitas diri bagi anak usia 0-17 tahun bisa mencapai 35 persen," ungkap Angela.

Angel juga meminta peran aktif masyarakat dalam membantu pemerintah dalam menyukseskan pemenuhan cakupan identitas anak usia 0-16 tahun di Kota Kupang," jelasnya.

 

 

FOLLOW US