• Nusa Tenggara Timur

Ratusan Warga Kota Kupang Serbu Gerai Vaksin di Polsek Kelapa Lima

Imanuel Lodja | Senin, 27/09/2021 22:41 WIB
Ratusan Warga Kota Kupang Serbu Gerai Vaksin di Polsek Kelapa Lima Kapolsek Kelapa Lima Kompol Sepuh A.I Siregar memantau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kota Kupang di halaman mapolsek kelapa Lima.

katantt.com--Jajaran Polsek Kelapa Lima, Polres Kupang Kota kembali mengelar vaksinasi nasional Polri di Polsek Kelapa Lima, Senin (27/9/2021).

Kegiatan vaksinasi Polri dalam rangka pelaksanaan aksi percepatan vaksinasi Covid-19 ini diperuntukkan bagi anak - anak diatas 12 tahun dan dewasa.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Polri (Polres Kupang Kota) dipantau Kapolres Kupang Kota (AKBP Satrya Perdana P. T. Binti, SIK serta Kapolsek Kelapa Lima Kompol Sepuh A.I Siregar, SH, SIK MH.

Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 di Polsek Kelapa Lima dilaksanakan dengan empat tahapan yakni meja pendaftaran dan verfikasi bagi calon penerima vaksin Covid-19 menunjukkan e-ticket atau bukti identitas lainnya (NIK KTP) untuk dilakukan verifikasi.

Jika identitas sudah terverifikasi, calon penerima vaksin melanjutkan ke meja screening.

Di meja ini, petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana (screening penyakit tidak menular) dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid).

Apabila calon penerima vaksin sehat, maka dapat dilanjutkan di meja vaksinasi. Pada meja vaksinasi, calon penerima vaksin diberikan vaksin Covid-19 secara aman.

Sedangkan di meja pencatatan dan observasi, petugas mencatat pelayanan vaksinasi. Penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Penerima vaksin memperoleh Kartu Vaksinasi.
Ada 262 orang warga penerima vaksin yakni Sinovac tahap I terhadap 84 orang, sinovac tahap II terhadap 178 orang dengan jumlah vial yang terpakai sebanyak 25 vial.

Ratusan peserta ini mendapatkan pelayanan vaksin jenis Sinovac coronaVac oleh 15 orang vaksinator dari klinik Polres Kupang Kota.

Kapolsek Kelapa Lima, Kompol Sepuh Siregar mengakui kegiatan vaksinasi tahap I dan tahap II Sinovac yang diselenggarakan oleh Polri dalam rangka mendukung program Pemerintah pusat yakni percepatan Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kota Kupang dalam masa pandemik.

"Dengan tervaksinnya seluruh masyarakat diharapkan dapat menurunnya angka terkonfirmasi positif Covid-19," ujarnya.

Vaksinasi Covid-19 merupakan Program Pemerintah pusat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dalam percepatan vaksinasi bagi masyarakat khususnya Kota Kupang, dengan harapan bahwa masyarakat dapat terlindungi dari Covid-19.

FOLLOW US