• Nusa Tenggara Timur

Siswa SMA Kolose Jogja Ini Bagi Makanan kepada Kaum Urban di Kota Kupang

Imanuel Lodja | Jum'at, 10/09/2021 14:43 WIB
Siswa SMA Kolose Jogja Ini Bagi Makanan kepada Kaum Urban di Kota Kupang Siswa SMA Kolose Debrrito Yogjakarta, Tistan Cakratiananta Binti memberikan nasi bungkus kepada salah seorang pemulung di Kota Kupang.

katantt.com--Masa pandemi akibat penyebaran Covid-19 ini masih terasa bagi warga di Kota Kupang. Sejumlah warga terkena dampak akibat pandemi yang masih berkepanjangan.

Tristan Caktiananta Binti (16), siswa SMA Kolose Debrrito Yogjakarta peduli dengan kondisi sebagian warga Kota Kupang terdampak Covid-19.

Sejak awal pandemi Covid-19, Tristan Caktiananta Binti melihat sejumlah warga sangat terdampak mulai dari pemulung, petugas kebersihan, penjual dan loper koran hingga pedagang kecil tidak luput dari perhatiannya.

Titan, begitu ia disapa kemudian memiliki ide membantu para `kaum kecil` ini.

Ia pun menyisihkan sebagian uang jajan guna membantu mereka. Tidak muluk-muluk bantuan dan kepedulian yang diberikan.

Ia pun membeli nasi bungkus (kadang nasi kuning) dan sejak pagi ia menyusuri beberapa ruas jalan di Kota Kupang menghampiri para pedagang kecil, pemulung, penyapu jalan, petugas kebersihan dan penjual koran dan memberikan nasi bungkus.

Jumat (10/9/2021), aksi sosial ini kembali dilakukan dengan menyusuri Jalan El Tari, Kelurahan Kuanino, Kelurahan Naikoten I, Kelurahan Naikoten II hingga Kelurahan Pasir Panjang.

Beberapa pedagang kecil dan petugas kebersihan serta penjual koran dihampiri dan diberikan makanan.

"Saya hanya terpanggil untuk membantu mereka dan ingin berbuat lebih baik dengan berkat yang saya miliki," ujar Titan saat ditemui, Jumat (10/9/2021).

Aksi sosial ini rupanya mendapat dukungan positif dari orang tuanya, AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti yang adalah Kapolres Kupang Kota dan Yunita Satrya.

"Awal-awal saya dibantu mama mulai dari memesan dan menyiapkan makanan dan dibagikan," ujarnya.

Namun saat ini, putra tunggal dari Kapolres Kupang Kota ini sudah bisa melakukan sendiri.

Malam sebelum mendistribusikan makanan, Titan meminta bantuan salah seroang anggota Polres Kupang Kota, Briptu Ryan Taneo untuk membantu mendistribusikan makanan.

Sejak pukul 05.00 wita, Titan mulai berkeliling ke beberapa lokasi di Kota Kupang.

Ia membawa nasi kuning dan membagikan kepada petugas kebersihan yang sedang menyapu jalan maupun mengangkut sampah.

Ia pun menghampiri penjual koran di lampu merah dan memberikan makanan. Kemudian mendatangi pedagang kecil sambil memberikan makanan.

Titan menyadari kalau sejak bangun pagi, para petugas kebersihan, pedagang kecil dan penjual koran belum sempat makan pagi karena kesibukan beraktivitas.

"Semoga bantuan ini bisa membantu mereka," ujarnya.

Ia bertekad aksi sosial ini terus dilakukan bagi warga Kota Kupang sehingga bisa membantu masyarakat.

Saat ini Titan pun masih menjalani proses belajar secara daring di Kupang sehingga ia memiliki waktu yang cukup untuk berbagi dengan warga di Kota Kupang.

Yohanis (48), salah seorang pedagang yang mendapat bantuan makanan dari Titan berterima kasih atas kepedulian dan perhatian dari Titan.

"Anak remaja ini memiliki hati tulus membantu sesama. Semoga apa yang dilakukan selalu diberkati Yang Maha Kuasa," ujarnya.

FOLLOW US