• Nusa Tenggara Timur

Buntut Refocusing Anggaran, Dua Politisi di DPRD Manggarai Saling Serang

Wilibrodus Jatam | Selasa, 24/08/2021 18:20 WIB
Buntut Refocusing Anggaran, Dua Politisi di DPRD Manggarai Saling Serang Bonifasius Burhanus

 katantt.com--Dua politisi di DPRD Manggarai saling `serang` terkait keputusan Pemerintah Kabupaten Manggarai yang melakukan refocusing anggaran sehingga berbuntut pencoretan sejumlah proyek infrastruktur.

Sebelumnya, Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai, Katrina Siena Jimur mengklaim jika Kecamatan Rahong Utara dan Wae Ri`i adalah basis partai berlambang matahari.

Karena itu, Katrina Siena Jimur menuding keputusan Bupati Manggarai Herybertus Nabit yang mencoret proyek pekerjaan jalan di wilayah tersebut dengan alasan refocusing anggaran dinilai merupakan upaya balas dendam pasca Pilkada kemarin.

Namun tudingan ini ditangggapi Bonifasius Burhanus, politisi Partai Gerindra Kabupaten Manggarai kepada wartawan di Ruteng, Selasa (24/8/2021).

Menurut Bonifasius Burhanus, pernyataan Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai, Katrina Siena Jimur sangat tidak masuk akal karena tidak sesuai dengan fakta bahwa dua kecamatan yang disebutkan adalah basis PAN.

"Terkait pernyataan ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai, saya mau katakan, pertama: pernyataan itu amburadul dan liar. Seina semestinya, paham dengan penggunaan kata basis," kata Bonifasius Burhanus.

Ia mengaku, pengertian basis PAN itu adalah mayoritas pemilih di wilayah Kecamatan Rahong Utara dan Wae Rii itu memilih PAN.

"Dengan perkataan lain, Partai PAN menjadi partai pemenang setiap perhelatan politik di dua wilayah itu, baik pemilihan legislatif maupun Pilkada. Pertanyaanya, apakah PAN waktu pemilihan legislatif 2019 dan Pilkada 2020 kemarin, menang di Rahong Utara dan Wae Rii," kata Bonifasius bertanya.

Ia menjelaskan, pada pertarungan Pilkada kemarin, antara Hery-Heri dan paket Deno Kamelus-Victor Madur (DM), paket Hery-Heri didukung oleh PDIP, Golkar, PKB, Gerindra, Hanura sdangkan paket DM didukung Partai PAN, Demokrat dan Nasdem.

Bahkan Bonifasisus merinci, perolehan suara di Kecamatan Rahong Utara, paket Hery-Heri memperoleh 7.538 suara. Sementara paket DM yang didukung PAN 4.169 suara dari suarah sah 11.707 dan tingkat partisipasi 73,94%.

Untuk Kecamatan Wae Rii, paket Hery-Heri mendapat 9.159 suara sementara DM mendapat 6.888 suara dari total suara sah 16.047 dengan tingkat partisipasi pemilih 78%.

Selain itu kata dia, pada saat Pemilihan Legislatif 2019 untuk Dapil Rahong utara dan Wae Rii, partai pemenang itu PDIP bukan PAN.

"Lantas, klaim Siena selaku ketua DPD PAN yang mengatakan Rahong Utara dan Wae Rii itu basis PAN, dasarnya apa? Sebagai ketua partai, semestinya harus hati-hati dalam membangun narasi atau opini ke publik, sehingga bisa dibedakan dengan orang lain yang tidak paham dengan kalimat basis PAN," demikian Bonifasius Burhanus.

FOLLOW US