• Nasional

1,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Tiba Kemarin

Akhyar Zen | Jum'at, 20/08/2021 09:30 WIB
1,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Tiba Kemarin Sebuah botol berlabel vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech pada 19 Maret 2021 (foto: Reuters/ .tempo.co)

Jakarta, Katakini.com,- Sebanyak 1.560.780 dosis vaksin Covid-19 Pfizer tiba di Indonesia pada Kamis.

“Kedatangan vaksin Pfizer ini merupakan bagian dari bussiness to bussiness deal antara pemerintah Indonesia dengan Pfizer dari Amerika Serikat,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui konferensi pers virtual, Kamis.

Ini merupakan kloter pertama kedatangan vaksin yang dikembangkan dengan platform mRNA ini ke Indonesia.

Menteri Budi menuturkan Indonesia telah memiliki kesepakatan pembelian 50 juta dosis vaksin dengan Pfizer yang akan dikirimkan secara bertahap untuk program vaksinasi nasional.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah menerbitkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) untuk vaksin Pfizer pada 15 Juli 2021.

Data hasil uji klinis menunjukkan bahwa vaksin Pfizer memiliki efikasi 95,5 persen untuk orang berusia 16 tahun ke atas dan 100 persen pada remaja berusia 12-15 tahun.

Selain itu, Indonesia menerima 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan bantuan dari Pemerintah Belanda pada Kamis.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bantuan ini merupakan bagian dari komitmen Belanda untuk mengirimkan 3 juta dosis vaksin untuk Indonesia.

Sebanyak 567.500 dosis vaksin AstraZeneca juga tiba pada hari ini yang dibeli langsung oleh pemerintah Indonesia kepada perusahaan farmasi asal Inggris tersebut.

Indonesia membutuhkan total 426 juta dosis vaksin untuk memenuhi kebutuhan program vaksinasi dalam negeri dengan target sebanyak 208,26 juta penduduk.

Sebelumnya, Indonesia telah menerima hampir 200 juta dosis vaksin yang terdiri dari vaksin Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna.(AA)

FOLLOW US