• Nusa Tenggara Timur

VBL-JNS Klaim Angka Kemiskinan di NTT Turun jadi 20.99 Persen

Semy Andy Pah | Selasa, 17/08/2021 10:03 WIB
VBL-JNS Klaim Angka Kemiskinan di NTT Turun jadi 20.99 Persen Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi.

katantt.com--Di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia dan Provinsi Nusa Tenggara Timur, namun angka kemiskinan di bumi Flobamora mengalami penurunan jika dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

"Angka kemiskinan pada Maret 2021 mengalami penurunan menjadi 20,99 persen dibanding dengan September 2020 sebesar 21,21 persen," tegas Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat pada saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemderkaan Republik Indonesia ke-76 di kupang, Selasa (17/8/2021).

Menurut Viktor, di tengah situasi yang serba sulit ini, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur tetap berkomitmen untuk mewujudkan visi “Nusa Tenggara Timur Bangkit menuju masyarakat Sejahtera dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

"Kita telah mengambil langkah-langkah strategis untuk mendorong sektor riil cepat tumbuh demi meningkatkan pendapatan rakyat, memicu daya beli masyarakat, mengurangi risiko pemutusan hubungan kerja dan memacu produktivitas ekonomi,` tegas Viktor Bungtilu Laiskodat.

Orang nomor satu di NTT ini menyebut bawah upaya tersebut melalui implementasi kebijakan pemulihan ekonomi nasional, percepatan penyelesaian infrastruktur jalan provinsi, perluasan program Tanam Jagung Panen Sapi atau TJPS, serta berbagai bantuan sosial.

Terobosan tersebut jelas Viktor, telah membuahkan hasil, dimana ekonomi Nusa Tenggara Timur berangsur pulih sebagaimana tercermin pada kinerja perekonomian triwulan II 2021 dengan pertumbuhan ekonomi 4,22 persen, lebih baik dibandingkan dengan triwulan I sebesar 0,12 persen.

"Demikian pula, angka stunting terus menurun dari 35,40 persen pada tahun 2018 menjadi 23,20 persen pada Februari 2021," kata Viktor lagi.

Berdasarkan indikasi pemulihan ini, Viktor berharap partisipasi seluruh semua komponen masyarakat Nusa Tenggara Timur, untuk senantiasa bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja kolaboratif agar lebih produktif, demi memajukan masyarakat dan daerah ini.

"Walaupun kita masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, namun tahun ini Nusa Tenggara Timur menorehkan prestasi, salah satunya adalah penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2020 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu," kata Viktor.

Hal ini jelas dia, menunjukan keseriusan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk terus mendorong sektor pariwisata sebagai penggerak utama perekonomian agar segera pulih kembali.

Akhirnya dalam momentum perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, Viktor mengajak seluruh masyarakat NTT untuk menundukkan kepala, menghormati dan mengucapkan terima kasih kepada para pahlawan kusuma bangsa yang telah berjasa, berkorban jiwa dan raga untuk merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

"Kita bulatkan tekad untuk terus berjuang di masa sulit ini, berani menghadapi tantangan dengan optimisme yang tinggi dan jiwa pantang menyerah, untuk membuktikan bahwa kita adalah bangsa yang tangguh yang terus bertumbuh untuk mewujudkan Indonesia Merdeka, Indonesia Jaya," tandas Viktor.

 

FOLLOW US