• Nusa Tenggara Timur

Bupati Manggarai Tegaskan Uji Kompetensi Demi Optimalisasi Kinerja Birokrasi

Wilibrodus Jatam | Kamis, 12/08/2021 22:05 WIB
Bupati Manggarai Tegaskan Uji Kompetensi Demi Optimalisasi Kinerja Birokrasi Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit saat membuka Uji Kompetensi Pimpinan Tinggi Pratama di Kabupaten Manggarai

katantt.com--Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit membuka secara resmi Uji Kompetensi Pimpinan Tinggi Pratama di Kabupaten Manggarai. Uji Kompetensi sebagai bagian dari upaya mencari birokrat yang responsif dalam mengoptimalkan kinerja birokrasi pemerintahan.

“Birokrat yang responsif menjadi salah satu syarat utama mengoptimalkan kinerja birokrasi pemerintah maka jabatan pimpinan tinggi harus diduduki oleh orang yang tepat yang punya kompetensi yang pada saat yang sama punya integritas, dan di sisi lain dia punya tanggung jawab,” jelas Hery Nabit, Kamis (12/8/2021).

Ia menyebut, mutasi ataupun rotasi serta promosi jabatan adalah sesuatu yang biasa-biasa saja dan merupakan sebuah langkah yang baik untuk organisasi dan untuk diri pribadi ASN untuk menghindari kejenuhan dan kebosanan.

Selain itu, Hery juga menyampaikan, kegiatan uji kompetensi bertujuan untuk mengevaluasi kinerja sekaligus menjadi dasar pertimbangan dalam pengisian jabatan melalui rotasi atau mutasi pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Manggarai.

"Hasil uji kompetensi ini nantinya dapat digunakan untuk pemetaan kembali pejabat sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Istilah ini sering disebut dengan the right man on the right place (menempatkan orang sesuai keahliannya)"," katanya.

"Kita ingin menjalankan prinsip meritokrasi secara efektif dengan menempatkan ASN sesuai kualifikasi, kompetensi dan kinerja,” sambungnya lagi

Kepada para peserta, Hery Nabit berpesan agar melaksanakan uji kompetensi dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian diharapkan para peserta nantinya mampu memberikan kontribusi yang maksimal demi mewujudkan Kabupaten Manggarai yang maju, adil dan berdaya saing.

Usai melaksanakan uji kompetensi, para peserta akan mengikuti ujian tertulis dan wawancara akhir. Adapun panitia seleksi uji kompetensi tersebut yakni Sekda Manggarai Jahang Fansi Aldus, Kepala BKPSDMD Manggarai Timur Yustina Ngidu, Manseltus Mitak dan dari akademisi Maksimus Regus dan Hendrikus Midun.

 

FOLLOW US