• Nusa Tenggara Timur

Selama 2021, Pasien Covid-19 yang Meninggal di RSUD Ben Mboi 59 Orang

Wilibrodus Jatam | Kamis, 05/08/2021 19:01 WIB
Selama 2021, Pasien Covid-19 yang Meninggal di RSUD Ben Mboi 59 Orang Direktur RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, dr. Imaculata Veronica Djelulut

katantt.com--Pasien Covid-19 yang meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Ben Mboi Ruteng selama tahun 2021 sejumlah 59 orang.

"Yang meninggal 59 orang," kata Direktur RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, dr. Imaculata Veronica Djelulut, saat ditemui Katantt.com Kamis, (5/8/2021) pagi.

Menurut Imaculata, sepanjang tahun 2021 dari awal Januari hingga akhir Juli, pasien yang rawat di rumah sakit sebanyak 338 orang pasien, yang dipulangkan atau sudah sembuh berjumlah 222 orang.

Namun, pasien terbanyak yang rawat di RSUD dr Ben Mboi pada bulan Juli 2021, yaitu sebanyak 155 orang pasien, yang dipulangkan 80 orang, sedangkan yang meninggal 32 orang.

"Bulan Juli ini memang kondisi yang terjelek sudah. Kalau bulan-bulan sebelumnya terbanyak pada bulan Maret 42 pasien, kemudian paling sedikit pada bulan Juni ada 16 pasien," terangnya.

Ia berharap, agar masyarakat selalu menaati protokol kesehatan (Prokes). Selain itu juga ia menyarankan kepada masyarakat agar mengikuti vaksinasi jika ada kesempatan dibuka.

"Mana kala ada kesempatan untuk divaksin. Jangan sia-siakan kesempatan itu. Memang secara teori betul vaksin tidak membuat kita tidak menderita Covid-19, tapi paling tidak gejala yang dialami akan lebih ringan dibandingkan kalau seseorang itu tidak divaksin," jelasnya.

Dokter Imaculata juga berharap, bagi pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri agar selalu aktif menginformasikan kondisinya kepada petugas kesehatan.

"Karena menurut pantauan kami dalam dua minggu terakhir ini, pasien yang ke rumah sakit, pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri datang setelah keluhannya berat. Sementara kita ketahui Covid-19 itu ada yang gejala ringan, gejala sedang, dan gejala berat," terangnya

FOLLOW US