• Nusa Tenggara Timur

LLBK, Kelurahan Pertama di Kota Kupang yang Kembali ke Zona Hijau

Semy Andy Pah | Senin, 02/08/2021 20:47 WIB
 LLBK, Kelurahan Pertama di Kota Kupang yang Kembali ke Zona Hijau Lurah LLBK, Anastasia Manafe

katantt.com--Lai Lai Besi Kopan (LLBK) menjadi kelurahan pertama di Kota Kupang yang sudah normal dan kembali ke zona hijau dalam penanganan Covid-19.

Sebelumnya Kelurahan LLBK masuk dalam kawasan zoona kuning atau memiliki jumlah kasus covid-19 aktif di bawah 5 kasus.

Untuk diketahui data satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19 di Kota Kupang per tanggal 1 Agustus 2021, melalui website: kupangkota.go.id dan covid19.nttprov.go.id, dijabarkan bahwa saat ini jumlah kasus Covid-19 di Kelurahan LLBK 0 kasus atau tidak ada kasus.

Total kasus Covid-19 di Kota Kupang sebanyak 11. 284 kasus dengan rincia, pasien yang masih dirawat sebanyak 2.631 kasus, pasien sembuh 8.400 kasus dan kasus meninggal dunia sebanyak 305 kasus.

Lurah LLBK, Anastasia Y Manafe saat dikonfirmasi, Senin (2/8/21) mengatakan meski Kelurahan LLBK masuk zona hijau atau tidak ada kasus namun masyarakat diimbau tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat di seluruh zona penyebaran Covid-19.

"Meski sudah berada di Zona hijau atau sudah tidak ada kasus, namun tidak serta merta bahwa tidak ada risiko. Namun meskipun begitu kita tetap waspada, karena bisa saja ada kasus Covid-19 yang tidak terdeteksi dan memang belum tentu aman," katanya.

Anastasia menambahkan bahwa kawasan zona hijau pun masih berpotensi, apalagi dengan masyarakat atau pun orang tanpa gejala (OTG).

Karena itu, untuk mendiagnosis seseorangan terpapar Covid-19 tidak dengan alat rapid tes, sebab alat tersebut hanya digunakan sebagai screening awal. Untuk memastikan paparan Covid-19 memang harus melalui pemeriksaan PCR.

"Saya sebagai lurah, sudah mrnghimbau masyarakat LLBK untuk tetap mematuhi prokes dan mengikuti vaksinasi dalam membentuk kekebalan kelompok herd immunity. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 di LLBK dan Kota Kupang umumnya," sambungnya.

 

 

FOLLOW US