• Nusa Tenggara Timur

Tiga Warga Kota Kupang Terpapar Covid-19 Varian Delta

Imanuel Lodja | Rabu, 21/07/2021 16:28 WIB
  Tiga Warga Kota Kupang Terpapar Covid-19 Varian Delta Ilustrasi virus corona, (Shutterstock)

katantt.com--Virus corona varian baru atau varian delta telah masuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tiga warga Kota Kupang, NTT dikabarkan telah terpapar virus Covid-19 varian baru ini.

Status tiga pasien Covid-19 varian baru itu diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan sample yang dikirim ke Litbangkes Kemenkes RI pada bulan April 2021 lalu.

Tiga pasien itu berumur 12 tahun, 70 tahun dan 33 tahun dan berasal dari Kota Kupang.

Kepala Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof WZ Johannes Kupang, dr Hermi Indita Malewa dalam konferensi pers, Rabu, (21/7/2021) di halaman kantor Gubernur NTT mengatakan saat ini ada tiga pasien Covid-19 varian Delta tinggal di Kota Kupang.

“Kami kirim sampel sejak April 2021 sebanyak 310 spesimen. Informasi yang kami peroleh kemarin dari Litbangkes Kemenkes RI di Jakarta, ada tiga spesimen yang mengalami mutasi atau varian Delta. Tiga pasien itu berasal dari Kota Kupang,” ujar dr Hermi Indita Malewa.

Terkait kondisi ketiga pasien tersebut saat ini, dr Hermi mengaku tidak mengetahui.

“Saya fokus di pengambilan sampel sehingga tidak tahu, silahkan hubungi Dinas kesehatan NTT maupun Dinkes Kota Kupang terkait hasil tracking mereka,” tambahhya.

Penyebaran varian Delta cepat sekali dan kefatalannya sangat berat serta banyak menyerang usia muda sehingga ia meminta masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara baik.

Pada kesempatan yang sama, juru bicara Satgas penanganan Covid-19 NTT, Marius Ardu Jelamu mengimbau masyarakat NTT untuk mengikuti protokol kesehatan maupun arahan yang diberikan pemerintah pusat hingga pemerintah daerah.

“Masyarakat NTT jangan panik jika ada varian baru di NTT. Kami berharap masyarakat tetap tenang dan waspada. Jangan kuatir berlebihan, karena ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk penanganan,” tandasnya.

FOLLOW US