• Nusa Tenggara Timur

Polisi Tegaskan Hentikan Kegiatan Vaksinasi yang Langgar Protokol Kesehatan

Imanuel Lodja | Jum'at, 16/07/2021 16:15 WIB
Polisi Tegaskan Hentikan Kegiatan Vaksinasi yang Langgar Protokol Kesehatan Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif

katantt.com--Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif menghimbau agar semua penyelenggara pelaksanaan vaksinasi oleh kelompok masyarakat atau instansi harus berkoordinasi dengan gugus tugas dan polisi sebelum pelaksanaan kegiatan vaksinasi.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari cluster baru dan penyebaran Covid-19 yang lebih parah.

Himbauan jenderal polisi bintang dua ini disampaikan terkait insiden di kampus Poltekkes Kemenkes Kupang terkait pelaksanaan vaksinasi.

"Untuk semua penyelenggara kegiatan-kegiatan vaksinasi seperti ini, panitia atau penyelenggara perlu berkoordinasi dengan gugus tugas dan Polri jauh hari sebelum kegiatan dilaksanakan," ujar Loyharia Latif, Kamis (15/7/2021).

Koordinasi ini penting dilakukan sehingga pelaksanaan kegiatan vaksinasi tidak kacau dan ricuh.

"Jangan sampai niat baik tapi perencanaan dan pelaksanaan serta pengamanannya sesuai aturan malah menimbulkan cluster baru dan kekecewaan masyarakat," tandas orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini.

Polri, tandas Kapolda NTT segera mengevaluasi beberapa kegiatan vaksinasi yang dilakukan.

"Terima kasih bagi yang sudah melaksanakan (vaksinasi) dengan tertib. Bagi yang belum, benahi dan sesuaikan dengan kemampuan yang ada," tegasnya.

Ia menambahkan bila kegiatan vaksinasi tidak mengikuti aturan yang benar maka terpaksa dihentikan sementara.

"Bila (vaksinasi) tidak ikuti SOP yang benar, terpaksa kita akan hentikan kegiatan tersebut untuk sementara demi keselamatan masyarakat," tandasnya.

 

FOLLOW US